,

Kapolres Sekadau Gotong Royong Bersama Warga, Perbaiki Jalan Rusak Di Dusun Lamau

By Admin
Januari 14, 2024, 06:35 WIB Last Updated 2024-01-13T23:35:17Z

SEKADAU, SK - Polda Kalbar - Kapolres Sekadau, AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, melakukan peninjauan akses jalan Sekadau-Rawak di Dusun Lamau, Desa Perongkan, Kecamatan Sekadau Hulu, salah satu tujuan peninjauan akses jalan tersebut adalah untuk melihat langsung kondisi terkini jalan yang mengalami kerusakan parah.


Setelah melihat kondisi jalan tersebut Kapolres Sekadau langsung dan turut serta dalam kerja bakti bersama masyarakat setempat, kerja bakti tersebut dilakukan untuk meminimalisir kerusakan dan membuat saluran pembuluh genangan air dijalankan sehingga menyebabkan kerusakan parah dan menghambat akses lalu lintas warga, Sabtu (13/01/2024) siang.


Sebelum Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) Pemerintah Daerah Sekadau telah melakukan perbaikan sementara jalan tersebut, namun karena tingginya curah hujan sehingga jalan tersebut kembali mengalami kerusakan parah akibat minimnya saluran pembuangan air.


"Mengingat adanya kerusakan parah pada jalan ini, dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat, terutama terganggunya aktivitas lalu lintas. Oleh karena itu, kami terlibat dalam kerja bakti ini untuk membantu memperbaiki akses jalan setidaknya agar lalu lintas berjalan lancar," ucap Kapolres Sekadau AKBP Nyoman Sudama, di sela-sela kegiatan gotong royong.


Pihak kepolisian bersama masyarakat bekerjasama bahu membahu menggunakan cangkul membersihkan saluran air yang tersumbat di sekitar Jalan Lamau agar aliran air kembali lancar sehingga air tidak menggenangi badan jalan ketika hujan guna meminimalisir kejadian laka lantas.


Pada kesejahteraan tersebut Kapolres juga meminta kepada masyarakat agar menjaga saluran air dan membuat selokan di beberapa ruas jalan tersebut, supaya air tidak menggenangi badan jalan, serta menanam pohon di sepanjang jalan untuk mencegah tanah longsor. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. 


Ia juga meminta agar muatan angkutan baik barang maupun angkutan lain agar melihat kapasitor jalan, karena kelebihan muatan dan tidak sesuai dengan kapasitas jalan tentu akan menyebabkan kerusakan jalan.


Memelihara dan menjaga jalan adalah tanggung jawab bersama, sedikit lubang kita tambal bersama, serta tidak membuang sampah di selokan yang dapat menyumbat saluran air supaya air tidak meluap ke jalan,"ingat Sudama. 


Sementara itu Kepala Desa Perongkan, Alianto, mengapresiasi kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh Kapolres Sekadau beserta jajarannya. Atas nama masyarakat dirinya mengucapkan  terima kasih atas kehadiran dan kerja sama yang diberikan oleh Polres Sekadau dan Polsek Sekadau Hulu. 


Kegiatan selesai pada pukul 12.30 WIB. Dalam konteks yang lebih luas, kegiatan ini merupakan bagian dari monitoring dan peninjauan kondisi jalan Lamau yang rusak oleh pihak Kepolisian.


Tidak hanya itu, kegiatan ini juga merupakan upaya Polres Sekadau untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat. Kegiatan ini juga mencerminkan kemitraan antara Polri dengan masyarakat dalam rangka membangun kebersamaan dan saling mendukung.


Hadir mendampingi Kapolres,Kapolsek Sekadau hulu dan jajarannya, KBO Ops beserta anggotanya, serta kepala desa dan seluruh jajarannya serta masyarakat setempat.(ayi)


Iklan