Iklan

Iklan

Iklan

Iklan
,

Deklarasi ODF di Desa Nanga Mongko, Bupati Aron Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

By Admin
Februari 28, 2023, 06:24 WIB Last Updated 2023-02-27T23:24:33Z




SEKADAU, SK - Desa Nanga Mongko, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, kini telah melaksanakan deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau setop buang air besar sembarangan, Senin (27/02/2023).


Bupati Sekadau, Aron, yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak lagi buang air besar sembarangan. Hal ini penting dilakukan guna menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

"Untuk itu, mari kita bersama-sama mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama," kata Aron. 


Aron menjelaskan, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) terdapat lima pilar, yakni setop buang air besar sembarangan, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga yang aman, pengelolaan sampah rumah tangga dengan aman, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.


"STBM dapat diwujudkan salah satunya dengan deklarasi ODF. Dengan adanya ODF dapat menurunkan risiko penyakit seperti diare, typhoid, cacingan, dan lain-lain. Mari kita jaga bersama lingkungan kita agar masyarakatnya sehat," jelas Aron.

Aron mengungkapkan, Kabupaten Sekadau telah menerima penghargaan berupa sertifikat bebas penyakit kulit dari Kementerian Kesehatan. Selain itu, dari 94 desa di Sekadau, 28 di antaranya adalah desa mandiri yang telah menerima reward dan kendaraan roda dua dari pemerintah pusat. 


"Artinya Kabupaten Sekadau saat ini semakin meningkat, berkembang, dan maju desanya," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius, mengatakan Kecamatan Nanga Taman menduduki peringkat ketiga dalam rangka percepatan ODF. Sedangkan, Kabupaten Sekadau meraih peringkat kedua dalam percepatan ODF se-Kalimantan Barat.


"Perlu diketahui, apabila lingkungan bersama dan tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi sumber penyakit. Nah, dengan adanya STBM ini kita dapat mendukung terciptanya kesehatan masyarakat. Peran penting kita semua untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan," papar Henry.


Henry berharap, dengan adanya deklarasi ODF tersebut tercipta lingkungan sehat serta mendukung peran pemerintah dalam membangun desa yang tertinggal. "Harapan ke depan agar semua elemen masyarakat bekerja sama mendukung pemerintah menjadikan desanya sebagai desa yang maju infrastrukturnya, sehat masyarakatnya serta menghasilkan SDM unggul," harapnya.


Deklarasi ODF ini juga dibarengi dengan peresmian Kantor Desa Nanga Mongko. Kegiatan ini juga dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau, Magdalena Susilawati Aron serta Forkopimka Nanga Taman.

Iklan