Iklan

HUT PEMDA

HUT PEMDA
,

Bupati : Regsosek Upaya Hasilkan Data Penduduk Akurat

by Redaksi
Oktober 12, 2022, 07:55 WIB Last Updated 2022-10-12T00:55:16Z

SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Aron SH membuka pelatihan pendataan awal registrasi sosial Ekonomi (regsosek) gelombang ke -7 tahun 2022, pada Selasa (11/10/2022) berlangsung di Aula Hotel Vinca Borneo.


Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sekadau Leila Ayu dalam laporan mengatakan pelatihan ini diikuti petugas lapangan, koordinator kecamatan dan instruktur daerah.


Kemudian, perwakilan BPS Provinsi Kalimantan Barat Sri Suyatmi S.Si.M.Si dalam sambutannya mengatakan regsosek adalah pendataan awal untuk memetakan kondisi sosial ekonomi masyarakat untuk percepatan penanganan kemiskinan yang ekstrim ujar Sri Suyatmi.


“Regsosek bukan hanya tugas BPS semata. Tapi merupakan tugas semua pihak termasuk pejabat desa serta para ketua RT,” ucapnya.


Sementara, Bupati Sekadau Aron SH dalam arahannya mengatakan

reformasi sistem diperlukan sebagai perbaikan mekanisme pelaksanaan program perlindungan sosial bagi seluruh warga negara berdasarkan kerentanan agar memenuhi prinsip tepat sasaran, tepat waktu, mudah, akuntabel, dan responsif terhadap kondisi bencana.


Ditambahkan, regsosek merupakan upaya dalam mewujudkan Satu Data Indonesia yang membantu pemerintah pusat dan daerah menuju kesejahteraan sosial di Indonesia.


Reformasi Perlindungan Sosial merupakan basis untuk integrasi program perlindungan sosial dengan pemberdayaan sosial ekonomi, kolaborasi lintas program, dan kerjasama dengan bukan pemerintah melalui pengembangan registrasi sosial ekonomi.


“Dengan Regsosek, diharapkan perwujudan Perlindungan Sosial yang adaptif akan semakin konkrit,” ucapnya.


Regsosek kata dia, akan menjadi sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri dari profil, kondisi sosial ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa atau kelurahan.


Kepada semua peserta yang hadir disini Aron berharap akan menjadi ujung tombak dan penentu baik atau tidaknya data yang dihasilkan, oleh sebab itu lakukan pendataan sebaik mungkin sehingga keadaan sosial ekonomi semua penduduk dapat terpotret dengan baik.


“Saya berharap hasil pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) di Kabupaten Sekadau dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan data yang berkualitas yang benar-benar mencerminkan kondisi sosial ekonomi setiap Keluarga di Kabupaten Sekadau,”harapnya.(Tim)

Iklan