Iklan

Spbu

Spbu
,

Abdul Hamid Apresiasi Kinerja BUMDes Sungai Ringin Sejahtera

SINARKAPUAS.com
Januari 24, 2022, 16:36 WIB Last Updated 2022-01-24T09:36:35Z
Rapat Akhir Tahun (RAT) tahun 2021 BUMDes Sungai Ringin Sejahtera di Aula Kantor Desa Sungai Ringin

SEKADAU, SINARKAPUAS.COM - Kepala Desa Sungai Ringin, Abdul Hamid, mengapresiasi kinerja BUMDes Sungai Ringin. Hal ini diungkapkan Abdul Hamid dalam Rapat Akhir Tahun (RAT) tahun 2021 BUMDes Sungai Ringin Sejahtera di Aula Kantor Desa Sungai Ringin, Senin (24/1/2021). 


Meskipun dengan segala keterbatasan yang ada, kata dia, BUMDes Sungai Ringin Sejahtera tetap bisa berjalan. "BUMDes membuktikan bisa tampil di depan untuk mendukung desa mandiri, khususnya di Desa Sungai Ringin demi kemajuan Desa Sungai Ringin," ujarnya. 


Ia juga menyampaikan permohonan maaf, karena minimnya penyertaan modal yang diberikan kepada BUMDes Sungai Ringin Sejahtera. Apalagi di tengah pandemi COVID-19, di mana dalam penanganannya juga dianggarkan melalui APBDes. 


“Kita berharap BUMDes bisa menemukan jati dirinya. Dalam artian, bagaimana memberdayakan masyarakat dalam ragka menyukseskan BUMDes untuk mendorong program IP3K,” ucapnya.


Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas PMD Kabupaten Sekadau, Roberthus Robby mengatakan, RAT ini merupakan kewajiban pengurus BUMDes terhadap penggunaan penyertaan modal yang diberikan desa atau pihak lain sebagai pemberi modal. 



“Ini wajib dilaksanakan, wajib dilakukan BUMDes sebagai bentuk akuntabilitas mereka dalam pelaksanaan kegiatan per tahun,” jelasnya.


Kemudian hasil dari RAT ini disampaikan kepada desa, pihak kecamatan dan Dinas PMD untuk dijadikan sebagai bahan informasi ke depannya. 


“Kinerja BUMDes Sungai Ringin sudah lumayan baik terhadap kekurangan dan sebagainya itu wajar-wajar saja. Namun, sudah lumayan baik, buktinya sudah ada hasil berupa pendapatan asli desa (PAD) yang diberikan BUMDes kepada Desa Sungai Ringin,” tuturnya.


“Yang tadinya tahun 2020 hanya sekitar ratusan ribu, sekarang sudah Rp 1 juta-an lebih. Ini kan bukti bahwa kinerja semakin baik. Kita tahu kondisi perekonomian lesu karena COVID-19 tapi justru mereka bisa meningkatkan pendapatannya,” timpalnya.


Sementara itu, Direktur BUMDes Sungai Ringin Sejahtera, Rustaman menyampaikan terima kasih kepada Desa Sungai Ringin yang telah memberikan penyertaan modal. Selain itu, ia juga menyampaikan terima kasih Dinas PMD, pihak kecamatan dan semua pihak yang telah mendukung BUMDes Sungai Ringin Sejahtera.


“Di sini kami sampaikan yang diberikan desa merupakan amanah yang harus kami emban. Pada prinsipnya kami tidak mau rugi,” pungkasnya.

Iklan