Iklan

,

Dukung Program IP3K, Pemdes Rawak Bagikan Alsintan

by Redaksi
Agustus 24, 2022, 19:36 WIB Last Updated 2022-08-24T12:36:51Z

SEKADAU, SK - Pemerintah desa Rawak Hulu kecamatan Sekadau hulu membagikan sejumlah Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani yang ada di wilayah desa Rawak hulu, pembagian Alsintan di hadiri oleh camat Sekadau hulu Uden, S,sos, Kamis (24/08/2022) di kantor desa Rawak hulu.


Dalam arahannya camat mengatakan, agar para Kelompok tani yang sudah mendapatkan bantuan Alsintan untuk selalu menjaga dan merawat Alsintan tersebut.


Kalau perlu agar alatnya terpelihara dengan para kelompok tani perlu mengumpulkan iuran, tujuannya tentu agar ketika Alsintan rusak ada dana untuk perbaikan.


"Jika sudah di pakai membajak sawah hendaknya alat tersebut di bersihkan agar tidak mudah terjadi kerusakan," ingat Camat.


Menurut camat, pemberian bantuan Alsintan tentu memiliki tujuan tersendiri, salah satunya adalah agar pola pertanian modern bisa diterapkan, karena dengan pengolahan lahan dengan cara sedikit modern tentu berdampak pada hasil panen, itulah yang di inginkan pemerintah.


Ia juga mengimbau, para anggota kelompok tani hindari konflik internal, misalnya ketika membajak sawah mengunakan Hand Traktor mesti bergilir, tolong diatur jadwal sebaik-baiknya. Agar semua anggota bisa menggunakan alat tersebut untuk membajak sawahnya.


"Apabila tidak diatur sedemikian rupa, maka akan muncul konflik internal, hanya gegara pembagian jadwal penggunaan alat bajak tidak di atur," pesan camat.


Pihaknya kata dia lagi, akan melakukan pengecekan terhadap alat-alat yang sudah di bagikan, tujuannya agar pemanfaatan betul-betul terarah. Karena apapun jenis bantuan itu menggunakan uang negara yang harus di pertanggungjawaban.


"Kami dari pihak kecamatan sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Pemdes Rawak hulu, mudah-mudahan dengan begini hasil pertanian para petani bisa lebih baik," kata Camat.


Sementara itu ditempat yang sama Sabli kepala desa Rawak hulu dalam paparannya mengatakan, bahwa pembagian bantuan Alsintan ini sebagian bentuk dukungan kepada program pemerintah kabupaten Sekadau yakni Infrastruktur, Pertanian, Perkebunan, Perikanan untuk kesejahteraan Masyarakat (IP3K).


Di desa Rawak hulu, kata dia lagi ada 19 kelompok tani, dari jumlah ini ada dua kelompok tani yang bergerak di bidang perkebunan, dan 16 kelompok tani bergerak di bidang pertanian dalam hal ini penanaman Padi.


Hal ini sebagai wujud dari implementasi kita terhadap amanat Undang-undang yang memerintahkan untuk mengalokasikan dana desa sebesar 20 persen untuk mengalakan bidang pertanian.


"Amanat itu sudah kita laksanakan, yakin dengan membelikan Alsintan untuk sejumlah kelompok tani," kata Sabli.


Pembagian Alsintan kali ini sudah sesuai dengan anggaran dengan di setujui oleh seluruh anggota dan ketua BPD dan sudah di verifikasi oleh pihak kecamatan dan dinas Pemdes,. sehingga hari ini baru kita laksanakan.


"Pembahasan Alyain sebagai bentuk dukungan Pemdes Rawak hulu terhadap visi dan misi Pemerintah daerah kabupaten Sekadau yakni IP3K," kata Sabli.

Iklan