Iklan

Spbu

Spbu
,

Bupati Aron Minta Warga Tak Alihkan Lahan Pertanian Padi Jadi Komoditi Lain

SINARKAPUAS.com
Februari 21, 2022, 19:37 WIB Last Updated 2022-03-05T10:27:06Z

SEKADAU, SK - Usai membuka acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) di kecamatan Nanga Taman bupati Sekadau Aron,SH secara meraton langsung melakukan panen perdana di desa Rawak Hulu kelompok Tani Hamparan Bahagia,Senin (21/02/2022).


Dalam arahannya mantan anggota DPRD provinsi Kalimantan barat ini meminta kepada masyarakat desa Rawak Hulu untuk tetap konsisten dengan bidang pertanian, yakni menanam komoditi jenis Padi. Karena, seberapa kayapun orang dia harus ada beras untuk di konsumsi, karena itulah makanan pokok kita.


"Makanya agar Padi terus ada, saya minta kepada kelompok tani yang ada jangan alihkan lahan pertanian kepada komoditi lain, tanam Padi hendaknya terus menerus konsisten tanam Padi," pinta Aron.


Karena, sambung dia lagi, seberapa banyak pun komoditi tanaman lain, jika tidak ada Padi kita tetap saja akan kelaparan, makanya pertahankan lahan yang ada sekarang.


Pemerintah kata dia, akan tetap konsisten membantu para petani melalui berbagai cara sebab, Pertanian merupakan visi dan misi pemerintah daerah kabupaten Sekadau dengan program unggulan Infrastruktur, Pertanian, Perkebunan dan Perikanan  untuk Kesejahteraan Masyarakat (IP3K).


"Makanya saya minta jika ada kebutuhan petani yang belum terakomodir, sampaikan melalui PPL, jangan hanya ngomel di belakang, sampaikan dengan prosedur yang ada yakni melalui proposal," ingat Aron.


Tahun lalu alat dia, kelompok tani di desa Rawak Hulu sudah di bantu beberapa unit Alsintan, jika masih kurang Pemerintah berusaha menambah unit, mengingat luasnya lahan yang di kelola dan Alsintan memang terbatas. 


"Karena kita tau, sistim pengolahan lahan pertanian di Rawak ini sudah cukup modern dan petani sudah mulai bertani secara modern terutama cara mengolah lahan, makanya Alsintan sangat dibutuhkan,"katanya


Sementara itu, kepala dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perkebunan dan Perikanan Drs Sandae dalam arahannya mengatakan, bahwa pemerintah daerah akan tetap komitmen untuk membantu petani dengan berbagai cara, sebagai upaya penerapan program unggulan yakni IP3K.


Untuk itu ia mengajak, para petani.dan segenap warga desa Rawak hulu untuk mendukung program unggulan tersebut.


"Mari kita sukseskan program unggulan Pemerintah Daerah, dengan acara Ara petani desa Rawak Hulu untuk tetap konsisten mengelompokkan lahan yang ada dengan tetap tanam padi," ajak Sandae.



Sementara itu kepala desa Rawak Hulu Sabli dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada bupati Sekadau yang telah sudi hadir pada acara panen perdana kelompok tani desa Rawak hulu.


" Kami akan tetap mendukung program pemerintah daerah kabupaten Sekadau yakni IP3K, saya berserta warga dan kelompok tani tetap akan konsisten dengan tidak mengalihkan fungsikan lahan pertanian dengan komoditi.lain,"ucap kades.

 

Ditempat yang sama ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) hamparan bahagia Rawak hulu, zainal dalam paparannya mengatakan, bahwa Gapoktan Hamparan Bahagia membawahi 19 kelompok tani dengan dua jenis bidang, yakni Pertanian Padi dan perubahan kelapa Sawit.


Untuk diketahui kata Zainal luas lahan sawah yang digarap oleh semua kelompok tani Rawak hulu seluas 294 hektare dengan rincian


"IP 1 seluas 92 Ha, IP2 152 ha dan IP3 seluas 48 ha, dengan sistem pengolahan lahan dan panen semi modern," ungkap Zainal.


Dengan sudah cukup modern sistem pengolahan lahan dan panen, karena serba mengunakan alat, maka kendalnya kami masih memiliki Maslah yakni kekurangan alat pertanian (Alsintan) karena jika semua kelompok dan anggota mengolah lahan, saking ramainya, sehingga sering terjadi ada petani yang tidak kebagian giliran alat untuk mengolah lahan.


Maka perlu dukungan dari pemerintah daerah mengenal pengadaan Alsintan,agar petani lebih tenang untuk mengolah lahan.


"Tidak mikirkan lagi dapat giliran atau tidak alat untuk mengolah lahan,"katanya.

Iklan