Iklan

Spbu

Spbu
,

Bupati Aron Buka RAT CU Keling Kumang

SINARKAPUAS.com
Februari 26, 2022, 21:47 WIB Last Updated 2022-03-05T10:25:06Z


SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Aron,SH membuka acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koprasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU)Keling Kumang tahun buku 2021, Sabtu (26/02/2022) dikantor pusat Desa Tapang Semadak.


Dalam sambutannya Aron berharap agar CU Keling Kumang (KK) untuk tetap melaksanakan kewajiban sebagai lembaga koperasi dalam melaksanakan Laporan kepengurusan ke Anggota CU KK, tetap menerapkan protokol kesehatan demi kenyamanan bersama.


Dengan terselenggaranya RAT ini kata dia lagi, telah menunjukan bahwa KSP CU KK telah konsisten menjalankan kewajibannya sebagai koprasi sesuai amanat yang tertuang dalam Undang-undang nomor 25 Tahun 1992 tentang Koperasi.


Selain itu ia juga meminta agar CU KK perlu mengurus segala bentuk perizinan, karena setiap usaha baik itu usaha lembaga atau perorangan harus ada izin."Setiap usaha harus mengantongi izin," tegas bupati.


Atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten sekadau, ia mengungkapkan selamat kepada pengurus, pengawas, manajemen, panitia penyelenggaraan RAT dan seluruh anggota KSP CU KK atas terselenggaranya RAT.


Karena RAT sambung dia, merupakan salah satu indikator untuk menunjukan tingkat kesehatan koperasi, karena RAT merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam sebuah organisasi seperti Koperasi, selain itu RAT juga sebagai pelaksanaan prinsip demokrasi, transparansi dan akuntabilitas dalam tata kelola koperasi.


'Hal ini menunjukan bahwa pengurus dan pengawas KSP CU keling kumang mampu mempertanggung jawabkan kinerja dan program kerja selama satu tahun," ucap Aron.


Kita patut berikan apresiasi kepada KSP CU KK yang telah menyesuaikan regulasi koperasi simpan pinjam dengan telah mendaftar diri ke Pusat Pelaporan dan Analisis Keuangan (PPATK)


"Hal ini merupakan wujud kepatuhan lembaga terhadap peraturan perundang-undangan," kata Aron.


Sebagaimana kita ketahui bersama PPATK adalah lembaga independen yang dibentuk dalam rangka melakukan pelaporan dan penganalisis transaksi keuangan guna mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang.


Kami kata dia lagi,telah banyak menerima laporan permasalahan yang dihadapi koperasi di kabupaten sekadau, salah satunya adalah menurunnya pendapatan dan tidak optimalnya program kerja koperasi, untuk itu kami berharap pada Tahun 2022 KSP CU KK dapat fokus pada program prioritas.


Yakni pelayanan yang dapat membantu pemulihan ekonomi anggota yang terdampak covid-19 sehingga mampu menambah akselerasi, tercapainya kesejahteraan anggota serta kemajuan KSP CU keling kumang pada umumnya.


Kami selaku pemerintah daerah juga berterima kasih atas peran serta KSP CU keling kumang dalam membantu mewujudkan visi misi Bupati sekadau yakni sekadau maju, sejahtera dan bermartabat dan mensupport program kerja yaitu Infrastruktur Pertanian, Pertanian, Perkebunan, Perikanan untuk Kesejahteraan Masyarakat (IP3K).


Terakhir, saya mengucapkan selamat melaksanakan RAT kepada seluruh komponen KSP CU KK dan semoga RAT tahun buku 2021 bisa berjalan lancar sebagai mana mestinya dan menghasilkan saran dan masukan yang positif untuk kemajuan KSP CU KK yang ada di berbagai kecamatan Sekadau" ucapnya


Hadir pada acara tersebut perwakilan dari dinas Koperasi provinsi Kalimantan barat, kadis Koperasi dan UKM kabupaten Sekadau Imanuel, para petinggi CU KK, serta anggota CU KK.

Iklan