,

Desa Mungguk Siap Bersinergi Dengan Team Perpustakaan Provinsi Guna Sukseskan TPBIS Tahun 2024

By Admin
Juli 05, 2024, 18:41 WIB Last Updated 2024-07-05T11:41:19Z

SEKADAU, SK - Salah satu desa di Kabupaten Sekadau yang mendapatkan bantuan program TPBIS dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, hari Jumat 5 juli 2024


Heni selaku assecor TPBIS Provinsi

memaparkan program TPBIS tahun 2024 langsung kepada Kepala Desa Mungguk dan pengelola Perpustakaan Desa Mungguk, dimana tahun 2024 ini,

Desa Mungguk masuk dalam calon penerima bantuan koleksi dari pusat.


“Dimohon kerjasamanya agar dapat aktif dalam Penginputan SIM pada aplikasi, karna hal ini langsung ditinjau dari team perpustakaan pusat melalui aplikasi. Penginputan SIM (sistem informasi manajemen) ini merupakan bentuk keseriusan perpustakaan desa dalam merespon program TPBIS dari pusat, jika ada kendala teknis penginputan nanti bisa bekerjasama dengan team perpustakaan umum daerah Kabupaten Sekadau, dimana Sekadau tahun 2024 ini hanya 21 Desa yang diberi kepercayaan untuk memperoleh bantuan koleksi dari pemerintah pusat melalui perpustakaan nasional Republik Indonesia, adapun koleksi buku ini 1000 judul buku, untuk mendukung program merdeka belajar tutur ibu berkerudung abu-abu tersebut.


Dikesempatan ini juga Kepala Desa Mungguk Abang Irwandi mengatakan, secara pribadi sangat berterimakasih, karena sudah memberikan kepercayaan kepada Desa Mungguk untuk mendapatkan bantuan koleksi dari perpusnas. Semoga kami bisa memegang teguh amanah literasi ini, terkait kegiatan pelibatan masyarakat Desa Mungguk sudah mulai aktif namun terkadang lupa untuk mendokumentasi serta melakukan penginputan kedalam SIM, sekali lagi banyak terimaksih sudah berkunjung dan mengingatkan kami,” tutur Kepala Desa Mungguk kepada Kontributor media ini Ever Wahyudin.


Lanjutnya, adapun kegiatan pelibatan masyarakat melaksanakan kolaborasi Pemerintah Desa dengan PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) hal bertujuan untuk terus memberikan dampak nyata bagi masyarakat sekitar dengan fasilitas belajar mengajar yang mumpuni.


Berpedoman pada komitmen perusahan terhadap pembangunan berkelanjutan sebagai pedoman pelaksanaan program TJSL, sarana belajar Ruang Pintar ‘Sultan Anum’ dilengkapi dengan fasiitas modem internet, laptop, buku-buku literature, alat tulis, meja belajar, serta paket gizi.


Dengan adanya sarana serta akses kepada pendidikan yang diberikan PNM kepada masyarakat Desa Mungguk ini, PNM berharap untuk dapat mendukung serta memberikan akses pendidikan yang layak dan berkualitas bagi putra-putri Nasabah PNM Mekaar dan masyarakat sekitar.


Yang membedakan antara PNM dengan Lembaga Keuangan lainnya adalah karena PNM selain memberikan modal dalam bentuk pembiayaan atau financial, PNM juga memberikan modal Intelektual berupa pengembangan kapasitas usaha bagi nasabah serta memberikan modal sosial berupa pembuatan kelompok dan sinergi lainnya.


“Dengan adanya Ruang Pintar ini, kami berharap dapat memberikan akses belajar pada anak-anak Nasabah PNM Mekaar serta masyarakat sekitar. Fasilitas yang diberikan juga bertujuan untuk dapat mengurangi beban pengeluaran orang tua. Kedepannya, melalui sarana teknologi dan internet yang ada, kami juga berharap alur informasi yang didapatkan dapat optimal bagi warga Desa Mungguk,” tutup kades Kepala Desa Mungguk  Abang Irwandi.(Aii)

Iklan