Iklan

Iklan

Iklan

Iklan
,

Sambut Ramadhan 1445 H, Ribuan masyarakat Sekadau Gelar Pawai Obor

By Admin
Maret 10, 2024, 06:58 WIB Last Updated 2024-03-09T23:58:43Z


SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Aron, S.H melepas secara resmi kegiatan pawai Obor dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah tahun 2024, Sabtu (09/03/2024) di lapangan Ek.Lantu Sekadau.


Dalam sambutannya mantan anggota DPRD provinsi Kalimantan Barat ini mengucapkan selamat kepada warga Muslim di kabupaten Sekadau yang sebentar lagi menyambut bulan suci Ramadhan.


Seperti biasanya sebelum memasang bukan Ramadhan umat Muslim selalu menilai dengan pawai obor, artinya kegiatan pawai ini adalah agenda rutin dan pemerintah daerah sangat mendukung penuh kegiatan keagenan seperti ini.


"Pemerintah kabupaten Sekadau memberikan dukungan penuh semua kegiatan keagamaan termasuklah kegiatan pawai obor ini," katanya.


Semoga lanjut dia, warga Muslim kabupaten Sekadau bisa melaksanakan puasa dengan khusuk tanpa ada gangguan sama sekali.


Kegiatan yang mengambil tema "Sekadau bershalawat ini kiranya bisa mempererat tali persaudaraan antara sesama di kabupaten Sekadau, Karena dengan begini kita dapat bertemu satu sama lain," katanya.


Masih dikatakan dia, ramainya kegiatan pawai Obor ini menunjukan bahwa kita bisa kompak dan menyatu dalam suatu prosesi keagamaan seperti ini. "Mudah-mudahan kita selalu kompak dan bersatu dalam segala hal yakni membangun kabupaten Sekadau yang kita cintai ini," tutupnya.


Sementara itu ditempat yang sama Kapolres Kajari I Nyoman Sudama dalam sambutannya mengingatkan agar para peserta pawai mematuhi aturan yang ada, sebab pelaksanaan pawainya dilakukan di jalan umum.


"Jadi mohon jaga ketertiban dan Atut sebagaimana layaknya jalan umum,' ingatnya.


Selain itu ia juga mengingatkan kepada para peserta Pawai Obor untuk lebih berhati-hati saat mengikuti pawai, apalagi yang kita gunakan adalah api dengan sedikit minyak didalamnya, berjalan dengan tertib agar suasana khusyuk 


"Jangan berteriak yang tidak perlu, sebaiknya lakukan sholawat dengan memuji kebesaran Nabi Muhammad," sarannya.


Buatlah kondisi bumi Lawang Kuari ini menjadi kota yang sejuk dan aman.


Kapolres Sekadau i Nyoman Sudama  wajib mematuhi aturan dalam pelaksanaan kegiatan, karena kitab mengunakan jalan umum sebaiknya ikut tata cara yang dipandu oleh aparat, karena kita mengunakan obor sebaiknya berhati-hati dengan api, berjalan dengan tertib, bumi Lawang Kuari dengan aman dan sejuk.


Ditempat yang sama ketua panitia dalam sambutan mengatakan, bahwa kegiatan pawai Obor ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, untuk peserta pawai kurang lebih 13 regu yang terdiri dari anak-anak sekolah dan ormas.


"Ada 13 peserta yang ikut berpartisipasi pada pawai malam ini, untuk rute akan di atur oleh panitia dan aparat kepolisian," katanya.


Hadir pada kegiatan tersebut Kejari Sekadau, Sekda Muhammad Isa, para tokoh masyarakat, serta Ormas lain dan seluruh peserta. (Ayi)

Iklan