Iklan

Iklan

Iklan

Iklan
,

Bupati Sekadau Hadiri Ramah Tamah Dalam Rangka Imlek Bersama Masyarakat Belitang Hilir

By Admin
Maret 15, 2024, 06:42 WIB Last Updated 2024-03-14T23:42:59Z

SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Aron, S.H menghadiri kegiatan ramah tamah dalam rangka perayaan Imlek bersama masyarakat dengan Pemerintah Daerah dan pemerintah kecamatan Belitang hilir, Kamis (14/3) 2024 di gedung Akcaya kecamatan Belitang hilir.


Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten Sekadau  mengucap selamat baru Imlek 2574 tahun 2024 Masehi, semoga di tahun Naga Kayu kita mendapatkan keberkahan dan rejeki yang baik.


"Mudah-mudahan di tahun Naga Kayu ini semua kita mendapat keberkahan,  kemudahan dan kemakmuran," ucap Aron.


Menurut dia,karena Imlek bertepatan dengan bertepatan dengan Pemilu, maka imlek bersama ininagak telat. kendatipun begitu perayaan Imlek bersama kali ini tidak mengurangi tali silaturahmi antar sesama. Jadi perayaan Imlek bersama ini sebagai tempat bersilaturahmi bagi sesama warga Tionghoa yang belum sempat ketemu waktu perayaan Imlek kemarin kata Aron.


"Makanya perayaan Imlek bersama ini sebagai ajang ketemu dan berat muka dengan sesama dan pemerintah daerah," katanya.


Ia juga menyebutkan bahwa, kita semua bisa bernapas lega, karena gawai besar kita yakni Pemilu serentak sudah berjalan dengan baik dan aman, namun walaupun ada riak-riak sedikit hal itu biasa karena begitulah sejatinya retorika demokrasi. Seperti yang terjadi di pusat saat heboh dengan kecurigaan adanya kecurangan.


'Padahal di pedalaman seperti daerah kita Pemilu lancar-lancar saja," katanya.


Untuk diketahui lanjut dia lagi, saat ini pemerintah kabupaten Sekadau sedang giat-giatnya membangun infrastruktur antar desa dan kecamatan, sehingga tahun ini pemerintah kembali mendapatkan bantuan bantuan Inpres berupa pembangunan jalan dengan pagi dana cukup besar yakni sekitar 47 Milyar. Dana ini sudah di plot untuk peningkatan jalan dari Padak menuju kota kecamatan Belitang hulu.


Kita tetap fokus dengan peningkatan infrastruktur di wilayah yang sangat mendesak, meskipun semua daerah pasti membutuhkan," ungkap Aron.


Saat ini sambung Aron, harga beras mengalami kenaikan, pasalnya saat ini pemerintah pusat tidak lagi melaksanakan impor beras dari India, Vietnam dan Thailand. Pemicu utamanya adalah karena Eropa saat ini mengunakan tepung beras sebagai bahan untuk membuat Roti.


"Sehingga kebutuhan akan beras tinggi makanya beras mengalami kenaikan. Salah satu pemicunya adalah perang antara Ukraina dan Rusia, sebab Ukraina sebagai penghasil gandum terbesar dunia," paparnya.


Sementara itu Camat Belitang hilir Evodius dalam sambutannya mengatakan, bahwa perayaannya Imlek bersama kali ini atas inisiasi dari para tokoh agama dan masyarakat terutama para tokoh masyarakat Tionghoa kecamatan Belitang hilir.


"Terimakasih kepada para tokoh masyarakat karena sudah kompak untuk bersatu menginisiasi perayaan Imlek bersama ini," ucapan.


Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa saat ini kondisi terkini kecamatan belitang hilir adalah terdampak banjir, ada empat desa yang terdampak banjir sekarang yakni desa Sungai Ayak 1, desa Sungai Ayak II, desa Sepantak dan desa Entabuk dari.emoat desa tersebut jumlah warga terpapar banjir sekitar 673 jiwa.


Sementara itu Oktavianus Aket ketua Majelis Agama Khonghucu kecantikan Belitang hilir dalam siraman Rohani yang mengatakan, secara khusus makna perayaan Imlek yang sesungguhnya adalah agar kita kembali menghormatinya dan berbakti kepada orang tua kita sebagai ladang amal.


"Makna lain perayaannya Imlek tahun Kayu Naga agar kita tidak lupa bersedekah dengan orang lain yang bukan saudara kita," katanya.


"Terimakasih kepada pemerintah atas segala hal yang bisa kami nikmati terutama listrik air tempat sampah, serta fasilitas lainnya yang dibantu oleh pemerintah kabupaten Sekadau," tutupnya.


Ditempat yang sama tokoh masyarakat Ramdiono dalam sambutannya mengatakan, ia mengucapkan terima kepada semua pihak yang telah berpartisipasi sehingga terlaksana acara Imlek bersama pada hari ini.


Terimakasih kepada semua pihak termasuk para tokoh masyarakat serta pemerintah kecamatan Belitang hilir yang telah banyak membantu sebelum perayaan Imlek tahun ini.


"Terimakasih juga kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau yang telah sudi hadir," katanya.


Hadir pada acara tersebut, Yodi Setiawan anggota DPRD kabupaten Sekadau, kadis Pendidikan Fran Dawal, kasat Pol.PP Paulus Ugang, kadis Lingkungan hidup Apeng Petrus, Kabag Protokol Aloysius, Danramil Sekadau hilir, Polsek Belitang hilir Sudarsono, Danramil Belitang hilir, serta para tamu undangan lainnya.(tim)

Iklan