Iklan

Iklan

Iklan

Iklan
,

Bupati Sekadau Hadiri Panen Perdana Padi Sawah di Desa Bokak Sebumbun

By Admin
Februari 21, 2024, 17:03 WIB Last Updated 2024-02-21T10:03:44Z

SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Merakyat Dengan Kelompok tani Ensibau Bersatu dan kelompok tani Rindang Jaya, di Tanah empere desa Bokak Sebumbun, Rabu, 21 Februari 2024.


Acara diisi dengan penyerahan alat pertanian (arit bergerigi) dan sepatu boots, melaksanakan panen secara simbolis oleh bupati dan rombongan.


Bupati Sekadau, Aron, S.H

Saya apresiasi kepada PPL, ketua dan anggota kelompok tani karena telah menunjukkan keberhasilan pangan di daerah kita. Ia berharap lahan dikelola dengan maksimal dan baik.


"Saat ini dunia dilanda musibah, negara-negara, seperti India dulu pernah ekspor beras, namun sekarang mereka mempertahankannya."


Petani kita bisa menghasilkan 4,4 ton padi artinya sebanyak 3,2 ton beras pertahun, seluas 1 hektar kita bisa mendapatkan uangnya.


Berbeda dengan zaman dahulu, masyarakat nomaden dalam berladang, karena ingin hidup layak, maka terjadinya kesejahteraan.


Namun di era modern ini lanjut Bupati, tidak perlu lagi nomaden, karena lahan sudah tersedia, alat ada dan hama mudah diatasi.


Kedepannya pemkab berencana bagaimana Sekadau ini tidak impor beras dari luar. Karena masuk program IP3K, kami mendukung sepenuhnya usaha di bidang pertanian.


"Kita sekarang harus intensifikasi, tidak perlu menggarap lahan lagi, tinggal mengelola yang ada." ujar Aron


Jika petani memiliki beras yang cukup maka kita sejahtera, nanti cek betul daerah yang bisa di kelola petani agar bisa panen 2 kali dalam 1 tahun.


Tahun ini APBD kita terkuras untuk Pemilu, nah, tahun depan sudah bisa bernafas. Karena selama ini mendapatkan 470 ton beras tiap tahun dari pemerintah pusat. Harapannya ditahun akan datang bisa 2 kali panen di sini.


Sementara itu, Ketua kelompok tani, Supardi meminta dukungan Pemkab agar meningkatkan, membantu mereka (kelompok tani) menyediakan ketahanan pangan, karena disini menjadi lumbung pangan salah satu di kabupaten Sekadau.


"Minimalnya, beras untuk kedepan tersedia, kami menyediakan untuk warga Bokak Sebumbun."


Ketersedian alat pertanian (mesin perontok padi) yang ada sudah 10 tahun lalu, dan alat kurang, kedepan mohon dipertimbangkan agar mendapatkan alat baru, harap ia kepada bupati Aron.


Hadir

Bhabinkamtibmas desa Mungguk Bripka R. Ponse Sianturi, Pasiops Kodim 1204/Sgu-Skd Lettu Inf Hendrikus, Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau, Nya. Magdalena Susilawati Aron, Sekretaris Kecamatan Sekadau Hilir, Perangkat Desa Bokak Sebumbun.(App)

Iklan