,

Bupati Aron Serahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian, Kepada Kelompok Perani

By Admin
Januari 25, 2024, 06:00 WIB Last Updated 2024-01-24T23:00:16Z

SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Aron, S.H kembali menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada beberapa kelompok tani dari beberapa desa, bantuan tersebut sebagai respon oleh pemerintah terhadap permintaan kelompok tani kepada Bupati saat kunjungan kerja sebelumnya, Rabu (24/01/2024) di workshop kantor DKPPP Sekadau.


Dalam arahannya Bupati mengatakan, bahwa bantuan Alsintan berupa alat Perontok Padi sebagai dukungan Pemerintah dalam mewujudkan kabupaten Sekadau yang maju dan bermartabat.


"Bantuan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah untuk mewujudkan kabupaten Sekadau yang maju dalam bidang pertanian," kata Aron.


Meskipun kita saat ini sudah surplusnya beras, namun hal itu tidak membuat kita puas, karena bidang pertanian kita harus terus kita galakan agar kita bisa berdiri di kaki sendiri.


Tak dapat dipungkiri lanjut dia, masih ada pola pertanian kita yang masih mengunakan cara lama, namun untuk 


mengerakkan pola pikir untuk bertani secara modern bukan hal gampang.


Sehingga butuh perhatian serius dari para PPL dilapangan.


"Saat ini hasil panen kita memang surplus semoga beras kita tetap surplus," sarannya..


Sebagai penunjang lanjut dia, hampir setiap tahun kita berikan bantuan Alsintan untuk kebutuhan petani, meskipun secara pelan-pelan, namun pasti kita tetap wujudkan kebutuhan petani."Gunakan sebaik-baiknya mungkin semoga alat tersebut akan berguna bagi masyarakat," tutupnya.


Sementara itu ditempat yang sama  Drs, Sandae, M,si kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DKPPP) dalam arahannya mengatakan, bahwa bantuan alat perontok padi kepada kelompok tani, adalah kebijakan pemerintah daerah melalui Bupati Sekadau.


Kita berharap agar bantuan tersebut bisa berguna bagi kemajuan bidang pertanian di kabupaten Sekadau. Gunakan sebaik baiknya, kita juga menyarankan agar para keok tani bisa seksi memperluas area tanaman. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya,jika ada yang tidak memanfaatkan Alsintan dengan baik, maka kita akan tarik alat tersebut apabila tidak digunakan,kita berikan kepada kelompok tani yang lebih membutuhkan.


"Jika ada kelompok tani yang tidak mengunakan Alsintan dengan baik, maka kita akan tarik untuk disimpan di workshop milik DKPPP," kata Sandae.


Ia berharap agar para PPL dilapangan untuk selalu bekerja maksimal untuk mewujudkan kemakmuran bidang pertanian di kabupaten Sekadau.


Bagi yang kelompok tani yang menerima alat Perontok Padi tolong di pelihara sebaik mungkin, anggap saja itu milik sendiri, sehingga rasa kepemilikan tertanam di kelompok tani tersebut.


Sementara itu ketua Gapoktan dalam sambutannya mengatakan, mewakili kelompok tani dirinya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sekadau yang telah memberi bantuan Alsintan kepada kelompok tani yang membutuhkan. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi petani untuk mempermudah pekerjaan petani untuk merontokkan Padi.


"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat kami kemajuan pertanian kabupaten Sekadau," ucapnya.


Hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Muhammad Isa, kepala bidang pertanian serta para staf dilingkungan DKPPP.(Ayi)

Iklan