,

BUPATI ARON SERAHKAN LIMA PULUH UNIT TANGKI SEPTIC TANK INDIVIDUAL

By Admin
Juli 14, 2023, 12:06 WIB Last Updated 2023-07-14T05:06:58Z

SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Aron, SH membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Tangkis Septik Skala Individual pedesaan.di desa Selalong, Rabu (12/07/2023) di balai pertemuan desa Selalong.


Dalam sambutannya Bupati mengatakan,bahwa kegiatan pembuatan Tangki septik Individual tersebut berasal dari dana Dana Alokasi Khusus (DAK ) penugasan. Pembangunan Tangki Septik tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk membuat lingkungan sehat. Hal ini sebab penunjang bagi warga yang sudah Open Defecaption Free (ODF), sebab setelah mengunakan Tangki Septik tersebut secara limbah dari Tangki tersebut langsung steril dan bisa langsung di buang ke sungai dan tidak lagi mengeluarkan bau tidak sedap.


"Inilah canggihnya Tangki Septik tersebut," kata Aron.


Ia juga meminta agar kepala desa untuk mengawasi proses pembangunan tersebut, jangan sampai sudah diberikan lalu tidak dikerjakan padahal pemerintah memberikan secara gratis.


Masih dikatakan dia lagi,saat ini pemerintah daerah sedang giat-giatnya membangun infrastruktur, meskipun belum menyeluruh namun pemerintah daerah tetap berupaya agar infrastruktur di kabupaten Sekadau baik, hanya saja kita lakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.


"Semua dana dari APBD kita gunakan untuk pembangunan di kabupaten Sekadau, sesuai visi dan misi pemerintah," katanya.


Sementara itu kepala dinas Prasarana Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hery Handoko mengatakan, salah satu alasan diberikan septik Tank ini untuk melindungi kesehatan masyarakat.


Mengenai cara pembuatan septik tank ini kata dia lagi, akan di sosialisasikan, cara pembuatan berikut tata acar lainnya semuanya akan di sosialisasikan, ada juga tim pendamping yang akan mengawasi pembangunannya.Untuk membangun septik Tank tersebut pemerintah mengeluarkan dana sekitar Rp.350 juta untuk 50 unit.. mengenai pembayaran juga semua akan di SOS secara cermat kepada penerima manfaat langsung.


"Sosialisasi yang kita berikan langsung kepada penerima manfaat," kata Herry.


Sementara itu Camat Sekadau hilir Zulkifli dalam sambutannya mengatakan, bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada 50 kepala keluarga warga desa selalong untuk meringankan beban masyarakat.


"Untuk itu sebagai camat saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau," ucapnya camat.


Lebih lanjut ia menjelaskan, terkait susahnya deklarasi ODF warga di kecamatan Sekadau hilir adalah, karena sebagian warga masih tinggal di bantaran sungai Sekadau dan sungai Kapuas. Makanya, untuk menerapkan ODF sedikit mengalami kesulitan, namun kita akan tetap berusaha secara pelan-pelan untuk mensosialisasikan pentingnya ODF. 


Hadir pad kegiatan tersebut Kabid Cipta Karya Tomi, serta tim dari perusahaan, kepala desa Selalong Jailani,perwakilan dari Polsek Sekadau hilir, perwakilan Danramil Sekadau hilir, para staf desa dan seluruh penerima manfaat Septik Tank

Iklan