,

BUPATI ARON LAUNCHING PEMBANGUNAN RUMAH ADAT MELAYU SEKADAU

By Admin
Juli 14, 2023, 11:58 WIB Last Updated 2023-07-14T04:58:36Z



SEKADAU, SK - Penantian panjang warga suku Melayu di kabupaten Sekadau akhirnya terwujud, pasalnya tidak lama lagi mereka akan memiliki rumah adat yang representatif, sebab pembangunan rumah adat tersebut sudah dicanangkan oleh pemerintah kabupaten Sekadau dan diletakkan batu pertama pembangunan oleh bupati Sekadau Aron,SH tanggal 12 Juli 2023 lalu.


"Mudah-mudahan perkejaan pembangunannya selesai tepat waktu, sebagai lembaga legislatif saya mengajak semua pihak untuk mendukung proses pembangunan rumah adat Melayu," ajak Zainal wakil ketua DPRD kabupaten Sekadau kepada media ini,Jumat (14/07/2023) di Sekadau.


Menurut dia, rumah adat adalah rumah kita bersama, karena didalamnya nanti akan di fungsikan untuk mengelar even besar yang bernuansa budaya, Selin itu lanjut dia,.fungsi rumah adat itu nanti sebagai tempat dan sarana bagi para kaum muda untuk belajar budaya, terutama tarian -tarian adat Melayu. Dengan begitu para kaum muda tidak melupakan adat budaya sukunya, ini yang kita inginkan setelah selesai pembangunan rumah adat Melayu itu nanti.


"Terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau melalui yang Bupati telah mewujudkan impian masyarakat Sekadau," ucapnya.


Sementara itu Bupati Sekadau Aron,SH mengatakan, bahwa pembangunan rumah adat Melayu ini sudah lama kita rencanakan, hanya saja persoalan kemarin adalah lokasi untuk pembangunan, karena untuk membangun suatu bangunan yang sifat hibah lahan yang digunakan harus sudah sertifikat dan tidak dilahan yang sedang bermasalah.


"Makanya tahun kemarin kita masih menunggu kepastian lahan yang digunakan, ketika lahan tidak ada masalah baru kita bangun," kata Aron.


Dikatakan dia lagi,semoga pembangunan rumah adat Melayu ini berjalan dengan baik, agar bisa selesai tepat waktu, mohon dukungan dari semua pihak, pantau dan awasi semua proses pembangunannya. Ia berharap nanti setelah selesai dibangun manfaatkan rumah adat ini dengan baik. Jadikan rumah adat ini nanti sebagai tempat untuk kaum muda untuk belajar budaya,misalnya belajar Jeping dan belajar Budaya Melayu lainnya.


'Yang jelas harus ada aktivitas di rumah adat itu nanti agar bisa menarik minat wisatawan lokal datang ke rumah adat tersebut," pesannya

Iklan