Iklan

Iklan

Iklan

Iklan
,

Desa Nanga Pemubuh Deklarasi ODF, Bupati Aron: Pemkab Dukung Desa-desa untuk ODF

By Admin
Januari 26, 2023, 15:13 WIB Last Updated 2023-01-26T08:13:01Z

SEKADAU, SK - Desa Nanga Pemubuh, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, kini telah melaksanakan deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau setop buang air besar sembarangan, Rabu, 15 Januari 2023. Deklarasi ODF tersebut dihadiri langsung Bupati Sekadau, Aron. 


Menurut Bupati Sekadau, Aron, saat ini water closet (WC) merupakan kebutuhan utama dalam rumah tangga. Sehingga, setiap rumah harus memiliki WC agar lingkungan menjadi bersih dan sehat. 


"Jika lingkungan bersih, maka kualitas hidup kita juga menjadi sehat," ujar Aron.


Aron menegaskan, Pemkab Sekadau sangat mendukung desa-desa untuk ODF. Ia juga meminta dinas terkait agar membuat target capaian ODF setiap tahunnya.


"Tujuannya tentu supaya kita bisa membuat evaluasi capaian kinerja setiap tahunnya," ucapnya. 


Pada kesempatan itu, Aron mengungkapkan, salah satu yang juga menjadi prioritas perhatian pihaknya adalah ibu hamil. Ini dilakukan guna menekan angka kelahiran yang menyebabkan kematian ibu dan anak.


"Ibu hamil itu harus menjadi prioritas kita bersama agar tidak ada lagi ibu dan bayi meninggal saat melahirkan," ungkapnya.


Aron mengungkapkan, Pemkab Sekadau juga akan mengadakan program operasi katarak secara gratis. Ia meminta kepala desa untuk melakukan pendataan. 


"Data itu nantinya disampaikan ke Dinas Kesehatan untuk memudahkan kita mengadakan program operasi katarak tersebut," pintanya.


Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius, mengatakan lingkungan sangat berperan penting untuk mencapai kesehatan. "Lingkungan yang sehat itu identik dengan tidak buang air besar sembarangan," bebernya.


Selain itu, Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pilar utama kesehatan. "Semoga dengan telah ODF-nya Desa Nanga Pemubuh kiranya dapat memacu desa lain di Kecamatan Sekadau Hulu untuk bisa merencanakan ODF," harapnya.


Sementara itu, Kepala Desa Nanga Pemubuh, Lorensius Leli mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, mulai dari persiapan hingga digelarnya deklarasi ODF.


"Sebagai kepala desa yang baru dilantik, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses deklarasi ODF ini," tukasnya.

Iklan