,

Pengurus Dekranasda Kabupaten Sekadau Dikukuhkan

By Admin
Agustus 27, 2022, 23:18 WIB Last Updated 2022-08-27T16:18:24Z

SEKADAU, SK - Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sekadau masa bhakti 2021-2026 resmi dikukuhkan di UMKM Center, Sabtu (27/08/2022).


Ketua Dekranasda Kabupaten Sekadau, Magdalena Susilawati Aron, menjelaskan Dekranasda merupakan organisasi atau lembaga non pemerintah sebagai mitra kerja pemerintah mempunyai misi untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa berupa produk kerajinan. Upaya pelestarian itu dilakukan melalui program pembinaan, pelatihan, pemasaran atau promosi hasil kerajinan daerah dengan mengikutsertakan berbagai event, baik di dalam maupun luar negeri. 


"Kami akan berusaha menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Sekadau. Saat ini kami memiliki hasil kerajinan berupa anyaman, tenun, hasil pahatan kayu, manik-manik, kuliner, tradisi dan budaya yang beragam, termasuk warisan budaya tak benda patut kita lestarikan," jelas Susi, sapaan akrab Magdalena Susilawati Aron.


Dengan telah dikukuhkannya kepengurusan Dekranasda Kabupaten Sekadau, kata Susi, pihaknya akan berusaha optimal dalam memberikan pembinaan kepada pengrajin melalui pelatihan dan pendampingan dalam pemasaran produknya. 


Pihaknya juga akan menjalin kerja sama dan bersinergi dengan berbagai pihak untuk membina pengrajin. Hal ini juga tertuang dalam rencana dan program kerja Dekranasda Kabupaten Sekadau tahun 2021-2022. 


"Tentunya kami sangat mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, khususnya Pemkab Sekadau. Kami juga berterima kasih kepada Dekranasda Provinsi Kalbar atas bimbingannya," ujarnya.


"Dekranasda harus mengambil peran bagaimana hasil kerajinan para pengrajin dapat dipasarkan dengan baik secara nasional maupun internasional. Pemkab Sekadau akan mendukung penuh aktivitas Dekranasda," ungkapnya.


Sementara itu, Sekretaris Dekranasda Provinsi Kalbar Sugiri mewakili Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar Lismaryani Sutarmidji berpesan agar kepengurusan Dekranasda Kabupaten Sekadau segera menyusun rancana kerja 5 tahun dan tahunan serta bersama-sama Dekranasda Provinsi dapat memantapkan data dan produk kerajinan, termasuk motif dan jenis kerajinannya. 


"Kami mengucapkan selamat atas telah dilantiknya pengurus Dekranasda Kabupaten Sekadau. Semoga Dekranasda Kabupaten Sekadau dapat mengemban misinya, yaitu pembinaan kepada pengrajin sehingga semakin maju dan berkembang," tutupnya.

Iklan