Iklan

,

Jalan Madya-Simpang SP 12 Segera Dibangun

by Redaksi
Agustus 24, 2022, 10:52 WIB Last Updated 2022-08-24T03:52:12Z

SEKADAU, SK - Dalam rangka meningkatkan akses  infrastruktur di wilayah pedesaan kabupaten Sekadau, dalam rangka untuk menopang peningkatan perekonomian masyarakat, pemerintah kabupaten Sekadau melalui progran ungulan IP3K melaksanakan launching kegiatan peningkatan jalan Madya - Simpang SP 12,  Selasa (23/08/2022) di Seberang Kapuas.


Dalam sambutannya bupati Sekadau Aron, SH mengatakan, sejak beberapa tahun lalu sudah banyak tokoh masyarakat yang menyampaikan kepada Pemerintah Daerah untuk memperbaiki jalan poros utama Madya - Timpuk ini. Sebab, selama ini jalan utama tersebut belum pernah di perbaiki, sehinga warga di beberapa Satuan Pemukiman (SP) kesulitan untuk membawa hasil bumi untuk dipasarkan.


Untuk menjawab semua itu maka tahun ini Pemkab setelah bersepakat dengan DPRD akhirnya mulai melakukan pekerjaan yakni peningkatan jalan Madya.


"Mudah-mudahan tahun-tahun berikutnya pemerintah daerah tetap berusaha secara bertahap melakukan peningkatan jalan-jalan antar desa di kabupaten Sekadau," kata Aron.


Menurut dia, selain itu jalan ini juga merupakan akses utama untuk para petani penghasil sayur mayur di Sekadau, sudah lama mereka kesulitan akses transportasi untuk memasarkan sayur hasil pertaniannya. 


"Mudah - mudahan tahun depan kita bisa melakukan peningkatan ruas jalan ini kembali kearah menuju desa Timpuk," ucapnya.


Pembangunan jalan ini lanjut Aron, dilakukan untuk menjawab kerinduan masyarakat Seberang Kapuas yang telah lama merindukan akan akses jalan yang representati.


Selain jalan Madya kata dia lagi Pemerintah Daerah juga berencana akan membangun peningkatan jalan di daerah tiga Belitang secara bertahap. 


"Tahun ini pemerintah daerah kabupaten Sekadau sudah mengelontorkan dana cukup besar yakni 24 milyar untuk perbaikan jalan daerah Belitang," kata Aron.


Sedangkan kata dia lagi untuk jalan di wilayah Semabi ke Entebas pemerintah akan menggandeng Tentara Masuk Desa (TMD) untuk membuka akses jalan di sana. 


"Untuk jalan Semabi-Entebas pemerintah daerah akan mengandeng TMD untuk membuka akses jalan di sana," kata Aron.


Sementara itu Kamestu kepala Bidang Bina Marga mewakili kadis PUPR dalam paparannya mengatakan mengenal peningkatan jalan Madya-Simpang SP 12 akan di tingkatkan sepantasnya 3,7 Kilometer dengan lebar 5 meter dengan metode pengerjaan Lapisan Paling Bawah (LPB) setebal 20 cm sedang Cemen Treated Base (CTB) 12,5.cm dan akan dilapisi aspal setebal 3,5 cm dengan pagu dana kurang lebih Rp.12 Milyar dengan item pekerja sebagai berikut


"Penyiapan badan jalan, lapis pondasi atas kelas B, dengan tebal 12.5 cm kemudian lapis atas kelas A dengan tebal 25 cm terakhir baru Aspal Hrs-Base dengan tebal 3.5 cm,"terang Ames.


Pekerjaan tersebut dilaksanakan oleh CV. Orang Mualang dengan masa kerja 152 hari kalender.


Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Sekadau Aron SH didampingi ketua TP.PKK Ny.Magdalena Susilawati Aron SP, wakil ketua DPRD Zainal, anggota Ari Kurniawan Wiro, M.Ardiansyah, Yuhilda Harahap, Abang Ramli, Hasan, Sejumlah kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, ketua MABM H.Safei Yanto, Camat Sekadau Hilir beserta staf, kepala desa se- Kecamatan Sekadau Hilir, dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Iklan