Iklan

HUT PEMDA

HUT PEMDA
,

Jadi Tersangka, Ternyata Ini Alasan Sopir Truk Maut Balikpapan Tak Banting Setir

by Redaksi
Januari 21, 2022, 21:01 WIB Last Updated 2022-01-21T14:01:18Z


Sopir truk tronton Muhammad Alu

BALIKPAPAN, SINARKAPUAS.COM - Kecelakaan maut Balikpapan melibatkan truk tronton dan sejumlah pengendara di Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).


Diketahui, truk tronton itu menabrak 20 kendaraan dengan rincian 14 sepeda motor dan 6 mobil. Kini sopir truk tronton yang menjadi penyebab kecelakaan maut itu diamankan di Polresta Balikpapan.


Kecelakaan maut ini juga telah merenggut korban jiwa, setidaknya dilaporkan terdapat 4 orang tewas, 1 orang dalam keadaan kritis, dan 21 lainnya mengalami luka-luka.


"Sopir sudah ditetapkan sebagai tersangka," kata Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Pol Imam Sugianto, dilansir Kompas TV, Jumat (21/1/2022).


Polisi mengungkap alasan sopir truk tronton kecelakaan maut di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), M Ali (47), tak membanting setir sebelum menabrak sejumlah kendaraan. Ali mengaku panik detik-detik menjelang kejadian.


"Faktor kepanikan turut berpengaruh di situ," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes, Yusuf Sutejo dilansir detik.com


Yusuf mengatakan, kejadian yang begitu cepat membuat sopir tak sempat berpikir agar membanting setir ke arah kiri, sebuah area kosong di tepi jalan.


"Karena di video itu (kejadiannya) tak sampai 10 detik di situ," kata Yusuf.


Selain itu, faktor beban truk hingga 20 ton serta kontur jalan yang menurun membuat truk maut sulit dikontrol.


"Karena itu kan jalan juga menurun di depannya banyak antrean. Yang jelas sopir truknya panik, nggak sempat berpikir jauh," katanya.


Seperti dalam rekaman CCTV, terlihat jelas truk maut yang dikendarai tersangka berada di lajur kiri kendaraan yang di depannya lebih sedikit kendaraan. Jika lebih ke kiri lagi, terlihat area yang cukup kosong.


Saat hilang kendali, alih-alih truk maut itu tetap melaju di lajur kiri, truk tronton justru berbelok ke kanan yang di depannya banyak motor dan mobil yang sedang menunggu lampu merah di Simpang Rapak. (C)


Dilansir/TELISIK.ID

Iklan