Iklan

Spbu

Spbu
,

Cek! Gejala Baru Omicron, Ada Masalah Buang Air Besar

SINARKAPUAS.com
Januari 17, 2022, 00:07 WIB Last Updated 2022-01-16T17:07:14Z

Foto: cover topik/ Omicron Muncul di DKI Jakarta_konten / Aristya Rahadian


Jakarta, CNBC Indonesia - Penelitian terhadap gejala yang timbul terinfeksi Covid-19 Omicron terus dilaporkan para peneliti di dunia. Salah satu simptom utama adalah kehilangan penciuman yang kerap terjadi pada pasien Covid-19.

Hasil penelitian terbaru menyebutkan, ada pula gejala yang muncul saat buang air besar pada penderita Covid-19, terutama varian Omicron.


Sejumlah pasien Covid-19 Omicron di Inggris menderita masalah berupa diare parah yang muncul. Kasus Covid-19 Omicron sejak pertama kali ditemukan memang tidak memicu gejala Covid-19 serupa seperti infeksi sebelumnya.



Infeksi Covid-19 sebelumnya lebih mudah dikenali karena umumnya memiliki gejala khas seperti batuk kering terus menerus, demam, hingga kehilangan indra perasa dan penciuman. Sementara mayoritas pasien Covid-19 Omicron mengeluhkan gejala seperti influenza atau flu biasa.



Meski gejala Covid-19 Omicron terbilang ringan, angka penularan yang tinggi memicu kekhawatiran para ahli. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut banyak pasien Covid-19 yang memiliki beragam gejala termasuk diare.


Menurut CDC, jika pasien mengalami gejala Covid-19 diare, ini bisa menjadi tanda bahwa seseorang terpapar Covid-19 Omicron.


"Orang dengan sistem kekebalan yang lemah adalah yang paling mungkin mengalami diare dan gejala gastrointestinal lainnya," demikian laporan NBC Chicago.


John Hopkins Medicine menunjukkan sekitar 20% pasien Covid-19 cenderung mengalami diare sebagai gejala awal setelah terpapar Covid-19 Omicron. Namun, penting untuk diingat bahwa diare ini bukan satu-satunya gejala Covid-19 Omicron. Umumnya keluhan tersebut diikuti dengan kelelahan, masalah pernapasan, nyeri otot dan tubuh serta sakit kepala atau sakit tenggorokan.


Awal bulan ini, tanda-tanda paling umum dari gejala Covid-19 Omicron terungkap setelah pasien mencatat sederet keluhan mereka dalam Studi ZOE Covid. Lima gejala teratas adalah pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin, dan sakit tenggorokan.


Ada pula gejala Covid-19 lain yang paling banyak dikeluhkan pasien seperti suara serak, menggigil, pusing, dan kehilangan nafsu makan. Selain itu, mual dan refluks asam dilaporkan masing-masing sebesar 18%, sementara diare memengaruhi 15% dari mereka yang pulih dari Covid-19.


Gejala yang kurang umum dikeluhkan pasien Covid-19 Omicron adalah kembung, dilaporkan oleh 14% pasien dan gejala sendawa yang dialami 10% pasien. Di sisi lain, muntah adalah keluhan 9% pasien, sementara sakit perut menyerang 7% dari mereka yang keluar dari rumah sakit usai pulih dari Covid-19.

Iklan