Iklan

HUT PEMDA

HUT PEMDA
,

5 Khasiat Telur yang Baik Bagi Tubuh, Salah Satunya Mencegah Penyakit Kolesterol

by Redaksi
Januari 09, 2022, 08:19 WIB Last Updated 2022-01-09T01:19:10Z


5 Khasiat Telur yang Baik Bagi Tubuh, Salah Satunya Mencegah Penyakit Kolesterol /Pexels


SINARKAPUAS.COM - Telur sering sekali dijadikan sebagai bahan makan sehari-hari karena cara mengolahnya yang mudah.


Selain kaya akan protein, telur juga memiliki sejuta khasiat yang baik untuk tubuh.


Salah satu manfaat dan khasiat telur, yaitu mencegah penyakit kolesterol, meskipun kuning telur itu sendiri mengandung kolesterol dan faktanya telur jauh lebih banyak daripada masalah kolesterol itu sendiri.


Bukan hanya itu saja, telur hanya memiliki 75 kalori dengan 7 gram protein berkualitas tinggi dan satu butir telur saja yang mengandung zat besi, mineral dan vitamin hanya 5 gram lemak.


Dilansir dari artikel KabarLumajang.com, berikut ini 5 manfaat telur yang memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh:


Mengurangi lemak tubuh

Sebuah studi International Journal of Obesity tentang hal tersebut yang menghasilkan beberapa hasil yang luar biasa dan selama periode delapan minggu orang sarapan dengan dua butir telur atau roti bagel mengandung jumlah kalori yang sama.


Dalam kelompok telur kehilangan 65% lebih banyak berat badan, 16% lebih banyak lemak tubuh, mengalami penurunan BMI 61% lebih besar dan melihat penurunan lingkar pinggang 34% lebih besar.


Telur dapat menurunkan tingkat peradangan

Telur merupakan sumber utama fosfolipid makanan, senyawa bioaktif yang menurut penelitian memiliki efek luas pada peradangan.


Menurut dalam jurnal Nutrients yang menghubungkan asupan makanan fosfolipid telur dan kolin dengan pengurangan biomarker peradangan yang tak terhitung jumlahnya, serta menurunkan peradangan memiliki manfaat kesehatan yang luas, mulai dari menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah lemak.


Mencegah penyakit kolesterol

Makanan telur adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik HDL anda dan orang dengan kadar kolesterol HDL lebih tinggi memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke dan kondisi kesehatan lainnya.


Menurut studi tahun 2008 di Journal of Nutrition, telur dapat meningkatkan asupan kolesterol makanan dari telur juga dapat membantu mengurangi risiko sindrom metabolik, maupun pendahulu diabetes tipe kedua.


Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Satu telur besar yang mengandung hampir seperempat (22%) dari RDA Selenium dan nutrisi yang membantu mendukung sistem kekebalan anda, serta mengatur hormon tiroid.


Kesehatan kulit dan rambut akan terjaga

Telur itu sendiri mengandung vitamin B kompleks yang juga diperlukan untuk kesehatan kulit, rambut, mata dan hati.


Selain itu, telur juga kaya akan vitamin B2, B5 dan B12, serta mereka juga dapat membantu memastikan fungsi sistem saraf yang tepat dan mendukung kekuatan otot.


Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari telur itu sendiri jika anda dikonsumsi tiap harinya.***



Sumber: MEDIA BLITAR

Iklan