,

Polres Sekadau Raih Peringkat Ketiga Capaian IKPA Terbaik dari DJPb Kalbar

By Admin
Mei 20, 2024, 17:10 WIB Last Updated 2024-05-20T10:10:53Z



SEKADAU, SK - Polres Sekadau berhasil meraih penghargaan sebagai penerima nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik ketiga dalam lingkup Kanwil DJPb Provinsi Kalbar periode semester II Tahun Anggaran 2023. Dengan nilai 98,87, penghargaan ini diberikan untuk satuan kerja dengan kategori Pagu 25M sampai dengan 50M.


Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, pada Senin (20/5/2024), di Kantor Kanwil DJPb Provinsi Kalbar. Penyerahan penghargaan dilakukan secara langsung oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalbar, Kukuh Sumardono Basuki, dalam sebuah acara Penyerahan Penghargaan Satker dan Ekspos RPA Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Kalbar periode semester II Tahun 2023.


Dalam penilaian IKPA tersebut, Politeknik Negeri Ketapang berhasil menduduki peringkat pertama, disusul oleh Ditsamapta Polda Kalbar di peringkat kedua, dan Polres Sekadau di peringkat ketiga.


Atas pencapaian ini, Kapolres Sekadau AKBP Nyoman Sudama, mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Polres Sekadau, terutama Tim Pengelola DIPA yang telah bekerja keras membawa nama baik jajaran Polres Sekadau.


"Penghargaan ini adalah bukti nyata kerja keras dan komitmen seluruh jajaran Polres Sekadau dalam mengelola anggaran secara efektif, efisien, dan sesuai dengan regulasi yang ada," ujarnya.


"Terimakasih kepada DJPb Kalbar, kami berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Polres Sekadau untuk terus meningkatkan kinerja, terutama dalam pengelolaan keuangan," tambahnya. 


Diketahui, IKPA adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan sebagai Bendahara Umum Negara (BUN) untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga. Indikator ini menilai dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi penggunaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku.


Selain itu, IKPA juga berfungsi sebagai alat monitoring dan evaluasi yang terintegrasi dalam sistem Online Monitoring SPAN (OM SPAN), memberikan gambaran yang jelas tentang kinerja satuan kerja dalam melaksanakan anggaran sesuai dengan perencanaan dan regulasi yang telah ditetapkan.(Hms/Aii)


Iklan