,

Halal Bihalal Jadi Ajang Mempererat Tali Silaturahmi

By Admin
Mei 09, 2024, 09:07 WIB Last Updated 2024-05-09T02:07:10Z

SEKADAU, SK - Wakil Bupati (Wabup) Sekadau Subandrio, SH.MH menghadiri kegiatan Halal Bihalal hari raya Idul Fitri tahun 2024, antara pemerintah kecamatan Belitang hilir dengan masyarakat, Rabu (08/05/2024) di gedung pertemuan kecamatan Belitang hilir.


Kegiatan dengan Tema "Aktualisasi semangat idul Fitri untuk membangun sinergi dan harmoni demi kebaikan negeri" dihadiri berbagai suku dan etnis warga kecamatan Belitang hilir.


Dalam sambutannya Wabup mengatakan, Pemerintah kabupaten sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, untuk saat ini baru kecamatan Belitang hilir yang telah melaksanakan kegiatan seperti ini, kiranya kecamatan lain juga bisa mengikuti jejak seperti ini, karena selain sebagai ajang silahturahmi kegiatan ini juga berdampak baik terhadap kebersamaan umat beragama.


"Mari pupuk rasa kebersamaan supaya setiap lapisan masyarakat saling bersinergi sesuai tema halal bihalal hari ini," kata Wabup mengawali sambutannya.


Tinggalkan segala persoalan yang ada, yang bengkok di luruskan yang jelek' kita tinggalkan, mari melalui momentum kita merajuk kebersamaan antara pemeluk agama, karena kedamaian dan ketentraman adalah modal utama bagi bagi kita untuk maju, tanpa adanya kedamaian mustahil kita bisa melaksanakan pembangunan, uang sudah tidak ada gunanya lagi jika kita ribut, karena dengan keamanan yang baik pemerintah bisa melaksanakan pembangunan dan bisa bekerja dengan baik.


"Artinya keamanan adalah sesuatu yang mutlak harus kita jaga bersama," kata Suban sapaan akrabnya.


Lebih lanjut ia mengatakan, tahun ini adalah tahun ketiga pemerintah daerah yang ia pimpin bersama pak Aron, apa yang sudah dan akan dilaksanakan oleh pemerintah hanya sebagai bentuk daya upaya pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat, saat ini pemerintah fokus dengan pembangunan infrastruktur antar kecamatan, seperti yang kita lakukan terhadap jalan poros Belitang hilir sampai ke Belitang hulu, dengan dana yang terbatas kami berusaha agar akses masyarakat bisa lancar dari kecamatan satu ke kecamatan lain.


"Inilah langkah awal upaya pemerintah untuk melaksanakan visi dan misi pemerintah yakni IP3K," jelasnya.


Selain itu pemerintah juga sudah berusaha membangun sarana ibadah bagi semua umat, yakni Gereja,Masjid dan tempat ibadah lainnya, hal ini sebagaimana wujud dari visi dan misi pembangunan pada bidang keagamaan.


"Pelan namun pasti semua visi dan misi pemerintah akan kita lanjutkan," ucapnya.


Pemerintah daerah lanjut dia, tahun ini kembali mengalokasikan dana kurang lebih Rp.2 Milyar untuk kebutuhan pembelian bibit kelapa sawit, nanti sambung dia, bibit tersebut akan dibagikan kepada petani melalui kelompok tani, tapi sebelumnya lahan calon petani akan di verifikasi oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). "Tujuannya agar lahan yang akan ditanam kelapa sawit tidak tumpang tindih dengan HGU perusahaan," jelasnya.


Hanya dengan cara ini masyarakat Sekadau bisa sejahtera, karena pemerintah daerah pernah mencoba memberikan bantuan tunai kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) namun setelah kita evaluasi, cara ini tidak berhasil dengan baik. Artinya, kebanyakan masyarakat Sekadau tidak cocok berdagang, sehingga bidang pertanian harus lebih digalakkan.


"Hanya dengan bertani masyarakat bisa sejahtera," tutupnya.


Sementara itu Evodius Camat Belitang hilir dalam sambutannya mengatakan, kegiatan halal bihalal seperti yang kita laksanakan hari ini adalah sebuah transaksi lama, sama seperti Natal bersama dalam Kristen dan Imlek bersama dalam masyarakat Tionghoa.


Kegiatan halal bihalal hari ini adalah sebagai bentuk lanjutan silahturahmi antar semua suku dan etnis, yang mana pada hari raya Idul Fitri kemarin tidak bisa mengunjungi warga satu persatu, maka dengan halal bihalal ini kita bisa saling bertegur sapa satu dengan yang lainnya.


"Intinya dengan kegiatan halal bihalal ini kita bisa bertemu dan betegur sapa," kata Evo.


Hadir pada kegiatan tersebut, Kadis Perhubungan Hermansyah, Kasat Pol PP Paulus Ugang, staf ahli Bupati bidang hukum, Kapolsek Darsono, Danramil, tokoh agama, tokoh masyarakat serta beberapa ormas lintas agama juga tampak hadir,acara dimeriahkan oleh berbagai tarian lintas etnis.

Iklan