Iklan

Iklan

Iklan

Iklan
,

Bupati Sekadau Resmi Membuka RAT Koperasi CU Usaha Kita Tahun Buku 2023

By Admin
Maret 08, 2024, 06:48 WIB Last Updated 2024-03-07T23:48:54Z

SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Aron,S.H membuka secara resmi  kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Credit Union (CU) Usaha Kita tahun buku 2023, Kamis (07/03/2024) di Bukit Golgota paroki Sungai Ayak.


Dalam arahannya saat acara pembukaan bahwa maju mundurnya koprasi semua tergantung pada pengurus dan anggota. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban semua baik pengurus maupun anggota untuk bertanggungjawab terhadap kemajuan Koprasi.


Ia juga menyarankan agar CU lebih fokus untuk melayani anggota, sebab sejatinya salah satu tujuan didirikan nya koprasi adalah untuk kemakmuran anggota. Maka dari itu ia menyarankan agar setiap akhir tahun buku jika ada Sisa Hasil Usaha (SHU) sebaiknya dibagikan saja kepada seluruh anggota.


"Jika ada SHU kiranya bisa dibagikan kepada seluruh anggota," sarannya.


Usai di daerah wabah covid-19 lanjut dia, pertumbuhan ekonomi kita memang anjlok, namun setelah usai wabah covid-19 secara perlahan pertumpahan ekonomi kita berangsur- angsur naik. Hinga sekarang sudah mencapai 5.10 persen. Kenaikan tersebut dipicu oleh naiknya harga komoditi Kelapa Sawit.


Karena lanjut dia, hampir 80 persen warga kita adalah petani maka ia menyarankan agar CU bisa melakukan pemberdayaan kepada anggotanya yang bertani Sawit serta mendorong anggotanya yang bertani sayur mayur.


Tujuannya, agar kebutuhan sayur kita tidak harus di suplai dari luar.


Ia juga mengucapkan terimakasih kepada CU yang telah membantu pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi kabupaten Sekadau.


"Terimakasih kepada seluruh Koprasi yang ada di kabupaten Sekadau karena sudah punya andil kuat mewujudkan visi dan misi kabupaten Sekadau," ucapnya.


Untuk diketahui lanjut dia, saat ini di kabupaten Sekadau sudah ada 203 Koprasi dengan berbagai bentuk, namun dari angka ini semuanya masih beroperasi dan melakukan RAT, hanya saja kegiatan yang baru berdiri mungkin masih kecil-kecilan saja acaranya.


"Namun, kita berharap kehadiran Koprasi betul-betul bisa membantu masyarakat dalam hal pembiayaan ketika mereka ingin membuka usaha,"tutupnya.


Ditempat yang sama kepala Dinas Koprasi dan UKM provinsi Kalimantan Barat Junaidi dalam sambutannya mengatakan, atas nama pemerintah provinsi Kalimantan Barat ia memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terlaksananya RAT CU Usaha Kita pada hari ini. CU adalah tempat para orang yang saling membantu, karena sistem kerja CU adalah subsidi silang, dimana uang anggota dipinjam kembali oleh anggota lainya.


Pemerintah kata dia, memberi keleluasaan kepada koperasi untuk berusaha demi memajukan koperasi itu sendiri, hanya saja tergantung dari pengurus dan anggota itu sendiri apakah setuju atau tidak jenis usaha yang di lakukan. Karena keputusan ada ditangan anggota.


"Pemerintah memberikan ruang gerak kepada CU untuk membuka usaha, namun semua itu tergantung dari pengurus dan anggota itu sendiri, karena keputusan ada di tangan anggota," katanya.


Sementara itu Lukas ketua Pengurus CU dalam sambutannya mengatakan, setiap akhir tahun menjadi kewajiban Menejemen pengelola keuangan untuk menyiapkan pertanggungjawaban hasil selama setahun dihadapan para anggota. Semua itu adalah menjadi tanggungjawab Menejemen terkait keuangan, sedangkan tugas pengurus adalah mengambil keputusan jika ada hal yang sifatnya sangat urgen.


Jika kita lihat sepintas lanjut dia, hasil kerja Menejemen tahun ini sepertinya cukup baik, karena tidak ada angka minus dalam SHU tahun ini, meskipun sempat minus dibeberapa bulan lalu.


"Artinya kinerja Menejemen yang mengelolanya keuangan baik tahun buku 2023," ucapnya.


Untuk itu sebagai pelayan seluruh pengurus dan Menejemen CU adalah pelayan bagi anggotanya,maka dari itu ia menyarankan agar kita semua bisa menjadi pelayan yang baik.


"Marilah kita menjadi pelayan yang baik dengan tulus, sesuai tema yakni mewujudkan pelayanan yang prima . menuju Credit Union yang berkembang dan berkelanjutan," sarannya.


Hadir pada kegiatan tersebut, perwakilan dari CU Ina, kepala dinas Koperasi Dan UKM kabupaten Sekadau Emanuel, kadis Perhubungan Hermansyah, Pastor Paroki, camat, Kapolsek, Danramil, Kabid Koprasi, perwakilan dari Bank Kalbar, Bank BNI serta mitra lainnya dan seluruh anggota CU.(Ayi)

Iklan