Iklan

Iklan

Iklan

Iklan
,

Bawaslu Sekadau: Proses Pemungutan Suara Pemilu 2024 Berjalan Lancar

By Admin
Februari 16, 2024, 05:56 WIB Last Updated 2024-02-15T22:56:15Z

SEKADAU, SK - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Sekadau, Murikun,S.sos mengatakan, bahwa selama masa tenang dan hari H pencoblosan secara umum di kabupaten Sekadau tidak terjadi hal-hal yang berarti, bahkan situasi serta pelaksanaan semua tahapan dari pendistribusian logistik sampai hari pencoblosan kondisi tetap aman dan lancar.

"Semua tahapan berjalan lancar dan aman tidak ada gelagat yang mencurigakan," katanya, Kamis (15/02/2024) di kantornya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa Bawaslu mulai dari pengawas Desa dan Panwaslu kecamatan akan tetap mengawasi semua proses Pemilu sampai dengan penetapan di Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Menanggapi adanya isu miring yang beredar terkait adanya indikasi bahwa ada oknum yang membantu memuluskan perolehan suara salah seorang Caleg pada penghitungan suara nanti. Ia mengatakan kita tetap mengantisipasi semua hal yang mengarah pada pelanggaran Pemilu.

Sebab menurut dia, proses penghitungan suara dan rekapitulasi suara mulai dari TPS sampai ke desa dan kemudian sampai pada Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK) penghitungan tetap sesuai dengan jumlah suara yang dicatat di TPS.

Jika ada perubahan atau kekeliruan dari  TPS dan PPS maka akan ada pembetulan pada tingkat PPK, karena kata dia lagi, kotak suara yang di bawa dari TPS menuju PPS sampai ke tingkat PPK tetap di awasi oleh Pengawas sesuai tingkatan. 

Misalnya dari TPS sampai PPS di awasi oleh Panwas desa kemudian dari PPS sampai ke PPK akan awasi oleh Panwaslu kecamatan, bahkan harus di pastikan bahwa semuanya kotak suara tetap tersegel.

"Kotak suara di bawa dari tingkat TPS dan PPS sampai ke PPK tetap tersegel dengan baik, pengawasan kita berjenjang, guna mengantisipasi kecurangan Pemilu," ucapnya.

"Kami dari Bawaslu tetap akan mengawasi semua tahapan secara melekat, karena semua pengawas sudah standby sesuai tingkatannya," katanya. (Ayi)

Iklan