,

Bupati Sekadau Resmikan Seteleng Dusun Belandung Desa Tingting Boyok

By Admin
Januari 19, 2024, 04:52 WIB Last Updated 2024-01-18T21:52:05Z

SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Aron, S.H meresmikan Seteleng Dusun Belandung desa Tinting Boyok kecamatan Sekadau hulu, Kamis (18/01/2024) di Belandung.


Setelah peresmian acara dilanjut dengan misa syukur yang pimpin oleh pastor dari Paroki Rawak.


Dalam sambutannya Bupati menyampaikan ucapan selamat atas diresmikan Seteleng milik masyarakat dusun Belandung. Pemerintah kata dia selalu ingin mendorong agar setiap desa memiliki rumah adat seperti Seteleng ini, yang mana Seteleng dalam bahasa Belanda artinya tempat pertemuan.


"Pemerintah akan selalu mendorong agar pembangunan rumah adat bisa terus dilakukan, tujuannya agar ada tempat untuk melestarikan istiadat kita," kata Aron.


Selain itu lanjut dia, jika sudah ada tempat seperti Seteleng ini, anak muda juga bisa ikut serta melestarikan.ada istiadat masing-masing sukunya. Tujuannya agar generasi muda paham aturan adat istiadat, jika ada kasus hukum yang menyangkut adat istiadat setidaknya sanksinya tidak berlebihan dari ketentuan yang ada.


"Adat istiadat kita jangan sampai tengelam, setidaknya ada upaya kedepan agar adat istiadat bisa menjadi sumber penghasilan,seperti di Provinsi Bali," katanya.


Sebagai informasi lanjut dia, pemerintah daerah sudah bertemu dengan pihak balai pembangunan jalan jembatan, dalam pertemuan tersebut kita telah membicarakan mengenai rencana pembangunan jalan poros Tinting Boyok-Engsalang, pertemuan tersebut sudah mencapai kata sepakat,sebagai tindaklanjutnya pemerintah kabupaten Sekadau akan bertemu Mentri Keuangan dan Mentri Pekerjaan Umum di Jakarta guna menindaklanjuti rencana pembangunan jalan poros tersebut.


"Saya minta nanti jika ada petugas dari kementerian Pekerjaan Umum dari Jakarta survei menemui para tokoh menanyakan kesanggupan masyarakat jika terjadi pelebaran, masyarakat harus siap jika lahan kiri kanan untuk pelebaran jalan," pesan Aron.


Jika tidak disanggupi maka akan berpengalaman juga bagi bisa dibatalkan.


Sementara itu Uden Camat Sekadau hulu dalam sambutan juga mengucap selamat atas diresmikannya Seteleng dusun Belandung.


"Mohon dipelihara rumah adat tersebut dengan baik, jaga kebersihan lingkungan sekitar Seteleng ini,"pesan Camat.


Dikatakan camat lagi, desa Tinting Boyok sendiri sudah lama ingin mendeklarasikan Open Decepticon Free (ODF) atau tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS) hanya saja tahun lalu masih ada kendala yakni kepala desa dalam kondisi sakit-sakitan, sehingga deklarasi ODF belum bisa dilakukan sampai sekarang.


Hanya saja ada rencana yang sudah di sepakati, bahwa deklarasi ODF bisa dilakukan usai Pemilu bulan Februari.


"Rencananya ODF desa Tinting Boyok akan kita lakukan bulan Februari atau awal Maret usai pelaksanaan Pemilu," kata Camat.


Untuk diketahui kata dia, saat ini desa Tinting Boyok memang belum bisa menjadi desa Mandiri, namun kita berusaha mendownload agar Tinting Boyok bisa menyandang predikat desa mandiri. Dari 15 desa di kecamatan Sekadau hulu lanjut Uden, masih ada lima desa yang belum ODF, namun kita dorong agar tahun depan semua desa dikecamatan Sekadau hulu sudah ODF semua.


"Kita dorong agar semua desa di kecamatan Sekadau hulu bisa menjadi desa mandiri, dan semua desa juga akan kita dorong untuk ODF," kata Camat.


Sementara itu kepala Desa Tinting Boyok dalam sambutan mengatakan ia mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sekadau yang sudah sudi hadir pada kegiatan peresmian Seteleng dusun Belandung ini.


"Terimakasih kepada pak Bupati yang telah sudi hadir dalam kehidupan peresmian Seteleng dusun Belandung," ucap Kades.


Pada kesempatan itu ia juga mengajak warga dusun Belandung untuk bersama-sama datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) tanggal 14 Pebruari 2024, untuk memilih pemimpin kita lima tahun kedepan. jangan Golput, kita harus ikut serta menentukan pemimpin kita lima tahun kedepan.


"Saya mengajak semua masyarakat, untuk ikut serta mengunakan hak Suara pada pemilu mendatang,. Ayo kita bangun desa kita," ajaknya.


Hadir pada acara tersebut, Yosef Sumardi anggota DPRD kabupaten Sekadau, Paulus Subarno, kepala dinas Lingkup hidup, Apeng Petrus,Kadis Pemdes, Sabas, Kadis Koprasi,.UKM, Perdagangan dan Perindustrian,. Kadis Disporabudpar, Bayu Dwi Suharsono,dan Kabid Pariwisata Nazur Yurdana serta para undangan lainnya (Ayi)

Iklan