,

Bupati Sekadau Mendeklarasikan Desa ODF Sungai Sambang

By Admin
Januari 27, 2024, 08:52 WIB Last Updated 2024-01-27T01:52:20Z

SEKADAU, SK - Pemerintah Desa Sungai Sambang Berhasil Wujudkan Deklarasi Open Deffecation Free (ODF), Stop Buang Air Besar Sembarangan yang berlangsung di Lapangan Bola Sulang Betung depan kantor Desa Sungai Sambang, Kecamatan Sekadau Hulu, Jumat, 25 Januari 2024.

Desa Sungai Sambang seluas 615 hektar berdasarkan data pemdes, terdiri dari 4 dusun, 2478 jiwa penduduk dan 612 KK. Kini berstatus desa mandiri. 

Pemdes hari ini mendeklarasikan Pilar 1-3 Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yakni Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Dengan Benar. Acarapun diisi penyerahan paket kepada ibu hamil, penandatanganan prasasti, dll.

Bupati Sekadau, Aron, S.H sangat apresiasi seluruh stakeholder dan masyarakat yang semangat hadir, yang hari ini bisa mendeklarasikan stop BABS di Desa Sungai Sambang.

"Ini bukan perkara yang mudah, walaupun WC itu kebutuhan, menyakinkan masyarakat bukanlah perkara Yang gampang,"

ODF. Itu terwujud bila masyarakatnya kompak dan bersatu, kata bupati 

"Ini komitmen kita menjaga lingkungan di daerah masing-masing. Agenda kedepannya bisa kita laksanakan dengan lancar."

Memasuki pemilu, mari pada tanggal 14 Februari nanti kita datang ke TPS, untuk menentukan masa depan kabupaten, provinsi dan republik ini. 

Masa kampanye, penting menjaga situasi dan kondisi yang aman, jangan ada cekcok diantara kita.

Dan kita belum bisa membaca cuaca, mohon mendata TPS yang rawan banjir dan saat logistik didistribusikan ke TPS, maka harus dipastikan TPS itu aman, ingat Aron.

Kepala Desa Sungai Sambang, Vinsensius Lican, sampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah bekerja keras mengubah pola BABS. Hari ini kami hanya mewujudkan 3 pilar, mohon dukungan dinas terkait untuk melanjutkan 2 pilar lagi.

Desa saat ini juga ada pembangunan pengelolaan sampah, sekarang masyarakat memiliki WC di rumahnya masing-masing. Karena pemdes telah membantu toilet untuk keluarga kurang mampu. 

Memasuki tahun politik, mohon menjaga situasi dan kondisi. Nah, pilihan boleh beda namun tetap satu warga Sungai Sambang. Masyarakat juga sudah mengerti arti jamban sehat keluarga, ODF mudah dilakukan, jika keluarga punya jamban, dan mempunyai WC ala kadarnya.

Hadir:

Anggota DPRD kabupaten Sekadau, Harianto (Fraksi Gerindra), Koramil Sekadau Hulu Suwarno, Kapolsek Sekadau Hulu J.S. Sianturi, Kepala SKPD, Camat Sekadau Hulu, Instansi Vertikal dan undangan lainnya.(App)

Iklan