Iklan

Iklan

Iklan

Iklan
,

Jalan Rusak, Warga Semabi Jalan Kaki Tandu Orang Sakit

By Admin
Februari 13, 2023, 15:30 WIB Last Updated 2023-02-13T08:30:32Z

SEKADAU, SK - Beredar sebuah video yang memperlihatkan sejumlah warga berjalan kaki menandu orang sakit di Desa Semabi, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Senin (13/02/2023).


Saat melintasi jalan yang tergenang air, perekam video sempat menanyakan tujuan warga tersebut. 

"Mau ke mana ni, bang?," tanya si perekam video. 


"Mau ke Sekadau, bawa ada yang sakit," jawab warga yang belakangan diketahui bernama Aang Tato. 


Si perekam video kembali bertanya kepada Aang Tato. "Ndak bisa pakai mobil kah bang?," tanyanya.


"Jalannya ndak bisa pakai mobil. Inilah keluh kesah kita masyarakat Desa Semabi. Setiap ada yang sakit pasti kita 

menggunakan tandu seperti ini karena memang kondisi jalan ndak layak untuk bawa orang sakit pakai mobil," jawab Aang Tato. 


Diketahui saat ini akses jalan di Desa Semabi sangat memprihatinkan. Warga setempat pun terpaksa menandu orang sakit secara gotong royong untuk dibawa ke pelayanan kesehatan. 


Kepala Desa Semabi, Muslinus, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, warganya terpaksa membawa orang sakit menggunakan tandu lantaran kondisi jalan yang rusak dan sulit dilalui mobil. 


"Tidak bisa menggunakan mobil hanya ditandu saja karena jalannya rusak. Ditandu dari Semabi sampai ke Seberang Kapuas kurang lebih 10 kilometer," ungkap Muslinus.


Setelah menyeberang, warga yang sakit tersebut kemudian dibawa ke RSUD Sekadau menggunakan ambulans. Muslinus mengatakan, warga setempat kesulitan membawa orang sakit karena akses jalan yang rusak, termasuk juga membawa hasil pertanian untuk dijual ke Sekadau. 


"Susah karena akses jalan selama ini rusak. Kami belum merasa merdeka karena selama ini kami tetap menggunakan jalan seperti itu (rusak)," bebernya.


Muslinus berharap, pemerintah daerah dapat memperhatikan Desa Semabi layaknya desa-desa lain yang akses jalannya bagus. Dengan akses jalan yang bagus akses transportasi warga berjalan lancar dan bisa membawa hasil pertanian untuk dijual ke Sekadau. 


"Harapan kami lagi pemerintah daerah peduli dengan Desa Semabi yang sangat susah akses jalan selama ini kami lalui," tukasnya.

Iklan