Iklan

,

Hadiri Maulid Nabi Tradisional di Masjid Baiturrahman, Aron: Pemkab Komitmen Bantu Kegiatan Keagamaan

by Redaksi
Januari 02, 2023, 11:07 WIB Last Updated 2023-01-02T04:07:35Z

SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Aron, SH menghadiri peringatan Maulid Tradisional digelar Majelis Taklim Albarzanji Maulid Tradisional (MTAMT) berlangsung di Masjid Baiturrahman, Dusun Kapuas, Desa Sungai Ringin, Minggu (01/01/2023) pagi.


Dalam sambutan singkatnya, Bupati Sekadau, Aron SH mengatakan sejak dilantik sebagai orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari, dirinya sudah dua kali menghadiri kegiatan MTAMT yang digelar di masjid tersebut.


Untuk yang kedua kalinya saya mengikuti kegiatan maulid di Masjid ini. Dulu kondisi bangunan masih belum selesai. Namun tahun 2022 pemerintah bantu dana untuk membangun masjid ini,”ungkap Aron.


Pemerintah kata Aron, selalu komitmen untuk membantu memperhatikan kegiatan keagamaan, seperti diantaranya yang digelar MTAMT. Sebab, kegiatan seperti ini masuk dalam visi dan misi Kabupaten Sekadau, yakni membentuk masyarakat yang bermartabat.


“Kegiatan ini adalah sebagai ajang untuk bersilaturahmi antar umat Muslim dari berbagai kecamatan. Nah, karena acara MTAMT adalah tempat berkumpulnya para umat dari berbagai latar belakang dan seluruh penjuru Kabupaten Sekadau,” ujarnya.


Pemkab Sanggau kata dia, tetap berkomitmen untuk membantu membangun rumah ibadah semua agama yang ada. Sebab, penting adanya keberadaan rumah ibadah yang representatif. Jika rumah ibadah sudah baik maka umat ibadahnya bisa lebih khusyuk.


Mengenai kelanjutan pembangunan Masjid Agung kata Aron, pemerintah daerah telah melakukan berbagai langkah, yakni dengan meminta pihak pelaksana membuat surat pernyataan.


Dalam pernyataan tersebut pemerintah daerah meminta agar pembangunan Masjid tersebut bisa selesai sekitar bulan Maret tahun 2023.


Paling tidak bangunannya sudah selesai. Sementara fasilitas lain bisa menyusul, yang penting bangunan gedungnya selesai dulu,” kata Aron.


Terkait pembangunan tahun 2022, ia mengatakan, bahwa semua proses pembangunan yang mengunakan dana APBD tahun 2022 sudah berjalan dengan baik dan lancar. Begitu juga kata dia, dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah.


“Semuanya berjalan dengan baik dan lancar, tidak ada kendala yang berarti,” timpalnya.


Ia mengajak kepada semua pihak, untuk bersama bahu membahu membangun Kabupaten Sekadau kearah yang lebih baik lagi.


“Untuk membangun kita harus saling bekerja sama dan kompak. Sebab, untuk membangun jika kita tidak bisa kompak mustahil kemajuan bisa tercapai. Ayo bersama kita bangun Sekadau agar mampu bersaing dengan kabupaten lainnya,” ajaknya.


Kesempatan sama, Kepala Desa Sungai Ringin, Abdul Hamid mengatakan tercetusnya awal mula pembangunan Masjid Baiturrahman ini adalah mulanya dari hasil swadaya masyarakat Dusun Kapuas.


Kemudian setelah pembangunan berjalan, barulah ada bantuan dari berbagai pihak, mulai dari bantuan dari Pemdes Sungai Ringin, Pemkab Sekadau, bahkan dari Pemprov Kalbar.


“Sehingga berdirilah masjid ini. Nah, sebagai tuan rumah saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu umat Islam di Dusun Kapuas dalam membangun Masjid Baiturrahman tersebut,” ucapnya.


Hadir saat itu, Sekda Sekadau, Muhammad Isa, anggota DPRD Kalbar, Muhammad sejumlah pengurus MTAMT,para tokoh masyarakat serta para umat yang ikut serta merayakan Maulid Tradisional tersebut.(Kait)


Iklan