Iklan

,

Dewan Adat Dayak Sekadau Resmi Dilantik

by Redaksi
Januari 19, 2023, 06:11 WIB Last Updated 2023-01-18T23:11:50Z

Bupati Sekadau, saat menghadiri pelantikan pengurus DAD Sekadau 


SEKADAU, SK - Bupati  Sekadau, Aron meminta pengurus DAD Kabupaten Sekadau masa bakti 2022-2027 yag baru dilantik bisa bersinergi dengan sejumlah kalangan.


“Pengurus DAD yang baru saja dilantik, hendaknya bisa bekerjasama dengan baik, dan mampu bersinergi dengan semua pihak tanpa memandang suku, agama dan ras,” ujarnya saat menghadiri pelantikan pengurus DAD Sekadau, berlangsung di rumah Betang Youth Center pada, Rabu (18/1/2023).


Aron meminta, hendak nya selalu menjalin kerjasama dengan semua pihak supaya apabila ada gesekan antar suku, agama dan ras bisa segera ditangani. Karena, jika sampaikan muncul isu SARA dan agama maka akan menyulitkan pemerintah.


Makanya tugas DAD dan semua pengurus harus mendeteksi segala bentuk kejadian yang dapat memecah belah kesatuan. Inilah tugas utama DAD selain mengembangkan adat istiadat, karena kemajuan teknologi membuat kita harus kerja keras untuk menangkal isu-isu yang kurang baik,” pesan Aron.


Ditambahkan, hingga saat ini masih masih banyak tantangan para pengurus DAD Sekadau kedepan,


Terkait perjuangan untuk memikirkan kelangsungan hidup masyarakat di wilayah hutan lindung. Karena, Kalbar sebagai paru-paru dunia yang kelestarian hutannya perlu dijaga.


Namun lanjut Aron, di sisi lain kelangsungan hidup warga perlu kita perhatikan karena, rata-rata warga yang tingal di wilayah hutan lindung tarap hidupnya memprihatinkan, sebab mereka tidak bisa bercocok tanam.


“Nah kondisi ini harus bisa kita perjuangkan, paru-paru dunia tetap kita tapi kelangsungan hidup warga jug perlu kita perhatikan,” kata Aron.


Kepada pengurus DAD yang baru dilantik ia berharap agar bisa mengali potensi budaya yang ada dimasyarakat.


“Jaga sinergisitas antar sesama lembaga karena tahun ini kita di kabupaten Sekadau, telah menggangarkan pembangunan rumah adat Melayu, MABT juga hanya saja siapkan lahan,” pinta Aron.(Kait)

Iklan