Iklan

,

Bupati Aron Beri Pesan saat Pelantikan Anggota PPS: Cermati Data Pemilih

by Redaksi
Januari 25, 2023, 22:49 WIB Last Updated 2023-01-25T15:49:36Z
Bupati Aron, saat menyaksikan penandatanganan berita acara (BA) pengukuhan PPS 

SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Aron, SH menghadiri pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di dua kecamatan yakni kecamatan Sekadau hilir dan kecamatan Sekadau hulu, di Betang Youth Center, (24/01/2023).


Acara pelantikan PPS tersebut dilakukan secara serentak di kabupaten Sekadau dan seluruh Indonesia.


Dalam arahannya bupati mengatakan, bahwa setelah pilih menjadi PPS tugas dan tantangan yang berat dalam rangka menjalankan tugas sebagai PPS, sebab PPS sebagai garda terdepan dalam proses Pemilihan Umum (Pemilu).


Maka dari itu lanjut dia, koordinasikan dengan pihak terkait ketika ada masalah, karena tugas dan tantangan yang berat kedepan adalah menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) Pemilihan Presiden dan wakil presiden (Pilpres), Pilgub,Pilwako, dan Pilbup.


Tugas utama yang harus dilakukan adalah para PPS memiliki tugas sangat berat, yakni mencermati data pemilih supaya akurat.


"Cermati data pemilih di tempat kalian masing-masing, agar tidak ada lagi terjadi protes dari masyarakat yang tidak terdaftar sebagai pemilih," kata Aron.


PPS kata dia lagi harus cermat dan teliti dilapangan untuk memperkecil terjadi kesalahan, memang kata dia lagi, selama ini setiap Pemilu di kabupaten Sekadau tidak pernah terjadi hal yang luar biasa, namun dinamika itu selalu ada dalam demokrasi, tapi jika semua proses sudah sesuai dengan aturan yang ada.


"Maka saya yakin semua pihak pasti dapat menerima dengan baik hasil yang diperoleh dalam Pemilu,"katanya.


Perhatikan lanjut dia, data pemilih di wilayah masing-masing, sudah sesuai kah dengan jumlah penduduk yang ada, karena secara kasat mata, kalian pasti paham dengan orang-orang yang ada di tempat kalian.


"Berapa jumlah penduduk dan berapa jumlah pemilih, jangan sampai jumlah pemilih banyak dari jumlah penduduk," ingat Aron.


Sementara itu Drianus Saban ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sekadau dalam sambutannya mengatakan, bahwa hari ini sebanyak 285 orang anggota PPS secara serentak di lantik.

Untuk yang di rumah Betang Youth Center digabung kecamatan Sekadau hilir dan kecamatan Sekadau hulu sebanyak 121 orang.


Dikatakan dia lagi, bahwa pelantikan PPS merupakan bagian dari kesiap-siagaan Pemilu, karena sebagai garda terdepan PPS harus siap menghadapi tantangan berat kedepan yakni masivnya tahapan Pemilu tahun 2024.


"Setelah ini tugas pertama yang harus dilakukan adalah menyusun data Pemilu dengan  membentuk Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) di desa masing-masing," pesan Saban.


Masivnya.tahapan yang akan dilalui oleh kalian, maka persiapan yang tak kalah pentingnya adalah kekuatan fisik dan mental. Karena totalitas yang dihadapi mengurus semua proses Pemilu tahun 2024.


Makanya, setelah dilantik kalian akan di berikan Bimbingan teknis (Bimtek) tentang semua tahapan dan proses Pemilu, karena tahun ini merupakan Pemilu serentak yang tahapan beda dengan Pemilu tahun sebelumnya.


"Untuk yang ingin libur ingin bersama keluarga saat ini di tunda dulu, karena tugas berat sedang menanti," pesan Saban.

Iklan