Iklan

HUT PEMDA

HUT PEMDA
,

Bupati Meminta Perangkat Desa Mesti Konsisten Dengan Janji ODF

by Redaksi
November 08, 2022, 17:23 WIB Last Updated 2022-11-08T10:23:44Z

SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Aron. SH menghadiri tiga agenda kegiatan sekaligus, Senin (07/11/2022) di dusun Iloh desa Engkulun hulu kecamatan Nanga Taman.


Tiga agenda kegiatan tersebut adalah, peresmian desa baru yakni desa Engkulun hulu agenda kedua adalah kegiatan ODF desa Nanga Engkulun dan agenda ketiga peresmian Proyek Air bersih desa Engkulun hulu.


Dalam arahannya mantan anggota DPRD provinsi Kalimantan barat mengatakan, bahwa deklarasi ODF atau tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang kita laksanakan hari ini, hendaknya bisa dilakukan secara konsisten. Karena, para tokoh masyarakat dari kepala desa dan para kepala dusun tadi sudah bersumpah untuk melaksanakannya pada kehidupan sehari-hari.


"Jangan habis bersumpah hari ini lalu besok sudah lupa sumpah itu, saya minta tolong laksanakan apa yang sudah di ikrarkan hari ini dengan konsisten," pinta Aron.


Mari sambung dia, dijaga apa yang sudah kita sepakati bersama tadi,  kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga dan membangun daerah kita.


Zaman sudah berubah, yang mana di zaman sekarang kita dituntut untuk menjaga lingkungan, agar anak-anak kita bisa tumbuh dan cerdas, sebab tanpa lingkungan bersih dan sehat mustahil anak-anak kita bisa tumbuh cerdas.


"Lakukan pola hidup sehat dengan penuh rasa tanggungjawab, agar generasi kita kedepan mampu bersaing dengan majunya teknologi," saran Aron.


 Ia juga meminta agar Air bersih yang sudah di bangun agar tetap di jaga, di rawat dengan baik, agar bisa digunakan selamanya demi kesehatan masyarakat.


"Terakhir saya berharap Agar susun Iloh bisa menjadi percontohan bagi dusun dusun lain yang ada di sekitarnya,"pesan Aron.


Ditempat yang sama Henry Alpius,.kepala dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dalam sambutannya mengatakan bahwa warga desa Nanga Engkulun sudah bersumpah untuk melaksanakan tiga pilar yakni 

1.Stop Buang Air Sembarangan

2. Cuci Tangan Pakai Sabun

3. Pengelolaan Air minum keluarga dan   

    Makanan rumah tangga.


Untuk diketahui kata dia lagi di kecamatan Nanga Taman sudah 10 desa yang sudah di ODF, kini tingal tiga desa lagi yang belum yakni desa Tapang Tigang, desa Senangak dan  Desa Nanga Mongko.


"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini tiga desa ini sudah menyatakan siap, ODF, maka satu kecamatan sudah di kabupaten Sekadau yang sudah 100 persen ODF," terang Henry.



Lebih lanjut ia menyarankan, jika ingin keluarga sehat harus semua warga harus siap menjaga lingkungan, karna suatu hal yang paling mendasar adalah dengan pendekatan STMB, sanitasi dasar masyarakat.


"Sebagai kadis yang membidangi saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak  terutama WVI, pihak kecamatan dan pihak2 yang terkait lain atas terselenggaranya ODF hari ini"ucap Henry.


Camat Nanga taman Gunawan dalam sambutannya mengatakan, bahwa hari ini kita akan melaksanakan tiga momen penting, syukuran atas peresmian desa baru, ODf dan peresmian sarana air bersih.


Kini kata dia lagi, di kecamatan Nanga Taman semula ada 13 desa, kini karena ada pertambahan dua desa baru, sehingga kini jumlah desa yang ada di kecamatan Nanga Taman menjadi 15 desa.


" Dari jumlah itu sudah ada 10 desa yang sudah ODF, artinya masih 5vdesa lagi, mudah-mudahan tiga desa lagi akan menyusul untuk ODF," ungkap Camat.


Banyak hal yang terjadi jika buang air besar sembarangan terutama menjadi penyebar penyakit, buang air besar  sembarangan juga bisa menyebarkan penyakitnya menular.


Hadir pada acara tersebut, Hasan anggota DPRD Yohanes Ayub, Ardi Wiranata dan Moloi, kadis Porabudpar, Bayu Suharsono, Kasat Pol PP Paulus Yohanes, Kadis PUPR Hery Handoko,

Suryadi kadis Dukcapil, beberapa Kabag dan Kabid di Dinas kesehatan.

Polsek Nanga Taman Danramil Nanga Taman, serta beberapa kepala desa di kecamatan Nanga taman, dan ketua BPD desa di kecamatan Nanga Taman,

Tomas, dan beberapa tokoh lainnya.

Iklan