Iklan

HUT PEMDA

HUT PEMDA
,

Bupati Sekadau Melakukan Penancapan Tiang Pertama Gereja Santa Theresia Stasi Nanga Pemubuh

by Redaksi
Oktober 26, 2022, 20:06 WIB Last Updated 2022-10-26T13:06:31Z

SEKADAU, SK - Bupati Sekadau Aron SH bersama Pastor Paroki Monumental Pastor Agustinus Riyan menghadiri kegiatan penancapan tiang pertama pembangunan Gereja Santa Theresia Stasi Sungai Perupuk dusun Nanga Pemubuh desa Nanga Pemubuh kecamatan Sekadau Hulu kabupaten Sekadau, Rabu (26/10/ 2022).


Dalam sambutannya ia mengatakan, agar gedung gereja  ini nanti setelah jadi bisa menjadi tempat menempa iman kita kepada Tuhan agar menjadi lebih baik. 


Dalam perjalanannya nanti mulai pembangunan gedung gereja apabila umat membutuhkan bantuan pemerintah daerah, silakan berkoordinasi dengan Pastor Paroki dan selanjutnya Pastor Paroki akan menyampaikan proposal ke Pemerintah daerah kabupaten Sekadau.


"Pemerintah daerah pasti siap membantu," katanya.


Ia juga meminta kepada perusahaan perkebunan yang beroperasi di sekitar desa Nanga Pemubuh supaya ikut memperhatikan pembangunan rumah ibadat seperti Gereja, dan Mesjid di sekitar wilayah kerjanya. 


"Jika masyarakat memang membutuhkan bantuan, ya tolong bantulah sesuai kemampuan masing - masing perusahaan," pesannya.


Sementara itu Pastor Paroki Monumental Pastor Agustinus Riyan  dalam sambutannya mengatakan, bahwasanya ia merasa sangat bangga dengan semangat umat di stasi Sungai Perupuk tersebut, bahkan dalam proses pembangunan mereka secara gotong royong untuk melaksanakan pembangunan.


Bahkan, bahan-bahan seperti kayu dan bahan sudah di siapkan secara swadaya.


"Ini yang membuat saya sangat kagum dengan semangat dan tekad masyarakat di Stasi Sungai Perupuk ini," kata Pastor.


Mereka lanjut dia, sudah ingin memiliki gereja yang representatif seperti masyarakat di Stasi lain, sehinga pihak Paroki sangat mendukung apa yang menjadi cita-cita masyarakat Stasi Sungai Perupuk ini.


"Saya yakin pemerintah daerah juga siap membantu jika ada kekurangan dana nanti. Semoga semangat gotong royongan ini menjadi contoh untuk stasi - stasi lain," harapnya.


Ditempat yang sama Camat Sekadau Hulu Uden S.Sos dalam.sambutanya mengatakan,bahwa dirinya menyambut baik keinginan masyarakat Warga Sungai Perupuk dusun Nanga Pemubuh untuk membangun gereja.

Karena menurut dia, gereja yang lama jika dilihat dari bangunan fisiknya sudah tidak cukup lagi untuk menampung umat yang beribadat kata Camat. 


"Jadi agar bisa menampung umat harus dibangun baru lagi,"katanya.


Kepada panitia camat berpesan untuk selalu terbuka dalam pengelolaan  keuangan, mohon panitia untuk mengelola keuangan secara transparan agar pembangunan Gereja ini bisa selesai dengan baik, dan tepat waktu.


"Semoga dengan bertambah keimanan kita semakin baik dan bermartabat," ingatnya.


Sementara itu Ari ketua panitia pembangunan gereja Stasi Santa Theresia sungai Perupuk akan dilakukan secara swadaya dengan acara kerja secara bergotong royong seluruh umat.


Sedangkan sumber pendanaan adalah berasal dari iuran umat dan sumbangan para donatur termasuk perusahaan perkebunan Kelapa Sawit  PT.Multi Prima Entakai, PT.Bintang Sawit Lestari dan PT.Agro Andalan.


"Untuk proses pekerjaan pembangunan kita gunakan cara gotong royong seluruh umat di Stasi Sungai Perupuk," katanya.


Hadir pada kegiatan tersebut, Pastor Paroki Monumental Pastor Riyan.

Camat Sekadau Hulu, Anggota DPRD kabupaten Sekadau  Hasan SE, kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM,tokoh masyarakat setempat serta umat stasi Santa Theresia desa Nanga Pemubuh.

Iklan