Iklan

Bupati

Bupati

Polres

Polres
,

Lelaki Paruh Baya Tewas di Sungai Kapuas Usai Terlilit Tali Rakit Karet

by Redaksi
Juli 18, 2022, 11:35 WIB Last Updated 2022-07-18T05:23:11Z

SEKADAU, SK - Seorang warga bernama Ng Jung Phiu (54) asal Desa Sungai Ayak I, Kecamatan Belitang Hilir, tewas tenggelam di Sungai Kapuas, tepatnya di Desa Merapi, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Minggu (17/07/2022).  


Sekitar pukul 00.30 WIB, korban bersama anaknya berangkat dari rumahnya di Sungai Ayak I menggunakan speed boat mesin 15 PK dengan membawa sebanyak 42 karung kulat (karet). 42 karung karet tersebut disusun dan diikat seperti rakit. 


"Dalam perjalanannya korban bersama anaknya tidur dengan keadaan mesin speed boat dimatikan. Speed boat itu hanyut mengikuti arus," ungkap Kasat Reskrim Polres Sekadau, AKP Anuar Syarifudin, Senin (18/07/2022). 


Kemudian, sekitar pukul 03.00 WIB, speed boat tersebut berpapasan dengan kapal tongkang yang membawa batu bara menuju arah Kabupaten Sintang, tepatnya di Sungai Kapuas dekat pesisir Desa Merapi. Pada saat berpapasan, rakit karet yang dibawa korban menggunakan speed boat itu tersangkut di bawah tongkang sehingga tali ikatannya terlepas.


"Korban terbangun dari tidurnya langsung turun ke sungai untuk mengambil karet yang terlepas itu dengan cara menyelam," ucap Anuar.


Nahasnya, kaki korban malah terlilit pada ikatan rakit karet tersebut. Korban bahkan sempat berteriak meminta tolong hingga terdengar sang anak.


"Anak korban lalu berteriak meminta tolong dan memberi kode dengan sinar lampu senter ke arah kapal tongkang. Nakhodanya melihat hal itu dan langsung menepi menambatkan tongkangnya," jelasnya. 



"Lalu anak korban tersebut dibawa oleh awak tongkang. Anak korban memberi tahu ke nakhoda dan awak kapal bahwa ayahnya tenggelam dan tidak timbul lagi," timpal Anuar. 


Mengetahui hal tersebut, nakhoda dan awak tongkang berusaha mencari korban namun tidak ditemukan. Setelahnya, nakhoda memberi tahu masyarakat sekitar dan dilaporkan kepada pihak kepolisian.


"Tim gabungan dari Polres Sekadau, Polsek Sekadau Hilir dan BPBD Kabupaten Sekadau langsung datang ke lokasi untuk melakukan pencarian terhadap korban. Dari hasil pencarian tersebut sekitar pukul 14.00 WIB, korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," tukasnya.

Iklan