,

Polres Sekadau Gelar Latihan Dalmas Secara Rutin, Ini Tujuannya

By Admin
Juli 19, 2022, 12:22 WIB Last Updated 2022-07-19T05:31:08Z

SEKADAU, SK - Dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam penanganan aksi unjuk rasa, Sat Samapta Polres Sekadau secara rutin menggelar latihan dalmas (pengendalian massa).


Latihan dalmas diselenggarakan di halaman Mapolres Sekadau. Bertindak selaku instruktur Kanit Dalmas Aipda Ade Rianura, Selasa (19/7/ 2021).


Kapolres Sekadau melalui Kasat Samapta Iptu Triyono menjelaskan, latihan dalmas rutin digelar untuk mengasah kemampuan dan kesiapan personel dalam menghadapi unjuk rasa yang sewaktu-waktu berkembang dan menjurus anarkhis.


Selain itu, latihan ini bertujuan untuk mengantisipasi kerawanan wilayah khususnya menjelang pelaksanaan Pilkades serentak pada 19 desa di wilayah Kabupaten Sekadau.


"Dalam latihan dalmas, setiap personel dibekali keterampilan dasar guna meningkatkan kemampuan fisik serta penggunaan kekuatan dalam mengendalikan massa," jelas Kasat Samapta.


Dalam latihan dalmas tersebut, disampaikan kembali tentang fungsi dan tujuan Dalmas yakni suatu kegiatan yang dilakukan oleh satuan Polri dalam rangka menghadapi massa demonstran atau pengunjuk rasa sesuai standar operasional prosedur. 


"Latihan dan materi dalmas yang kami berikan ini diharapkan mampu dipahami dan dimengerti dalam rangka penanganan yang tepat serta menghindari kesalahan prosedur di lapangan," ungkap Kasat Samapta.

Iklan