Iklan

Spbu

Spbu
,

Waspada Hepatitis Akut pada Anak, IDI Sekadau Minta Masyarakat Tetap Tenang

SINARKAPUAS.com
Mei 06, 2022, 13:53 WIB Last Updated 2022-05-06T07:09:26Z

SEKADAU, SK - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Sekadau, dr. Iswandi, MARS meminta masyarakat untuk tetap tenang menyusul hebohnya kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak. 


“Masyarakat tetap tenang dan berhati-hati. Untuk mencegah infeksi lakukan cuci tangan, meminum air bersih yang matang, makan makanan yang bersih dan matang penuh, membuang tinja atau popok sekali pakai pada tempatnya, menggunakan alat makan sendiri, memakai masker dan menjaga jarak,” pesan dr. Iswandi, Jumat (6/5/2022).


Masyarakat juga diminta untuk mendeteksi secara dini gejala-gejala, seperti kuning, mual atau muntah, diare, nyeri perut, penurunan kesadaran atau kejang, lesu, demam tinggi pada anak. 


Bila menemukan gejala-gejala tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan. dr. Iswandi menyebut sudah ada koordinasi antara Dinkes melalui Kabid Yankes dengan IDI dan layanan kesehatan di Kabupaten Sekadau guna mengantisipasi kasus tersebut. 


Selain itu, pihaknya juga sudah menerima Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes terkait kewaspadaan terhadap penemuan kasus hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya.


“Intinya masyarakat harus tetap tenang, selalu terapkan pola hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.

Iklan