,

Buka Sosialisasi Aplikasi Arkas, Ini Kata Wabup Subandrio

By Admin
Mei 17, 2022, 19:11 WIB Last Updated 2022-05-17T12:11:56Z

SEKADAU, SK - Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, membuka sosialisasi aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (Arkas). Kegiatan yang diikuti 63 Kepala SD dan 27 Kepala SMP ini dilaksanakan di Aula SMP Santo Gabriel Sekadau, Selasa (17/5/2022).


“Kegiatan ini diikuti oleh 63 kepala sekolah SD, dan 27 kepala sekolah SMP dengan jumlah peserta sebanyak 180 orang yang terdiri dari kepala sekolah dan bendahara sekolah,” ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau, Paulus Ugang.


Ia mengatakan, untuk sekolah yang berada di kecamatan lain pihaknya akan melakukan sosialsiasi di kecamatan masing-masing.


Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, mengatakan pemerintah memiliki perhatian khusus kepada sekolah melalui dana BOS dan juga tercatat di APBD. “Oleh kerena itu pemda memiliki tangung untuk mengawasi pelaksanaanya,” ucapnya.


Aplikasi Arkas ini bertujuan untuk mempermudah pemda dan pempus mengontrol kegiatan di sekolah, dan perencanaan bisa terarah dan efisien.


“Kita berharap dana yang dikelola bisa bermanfaat untuk menunjang pendidikan dan dikelola sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” harapnya.


Subandrio juga menjelaskan, salah satu indikator rendahnya Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sekadau adalah rendahnya angka pendidikan kita sehingga kita berada pada peringkat 13 dari 14 kabupaten kota di Kalbar.


Untuk itu wabup berharap agar dengan Aplikasi ARKAS kita mampu meningkatkan mutu pendidikan. Selain faktor pendidikan, faktor lain  yang juga menyebabkan rendahnya IPM adalah bidang kesehatan dan ekonomi.


“Untuk kita kita berharap aplikasi ini berjalan dan tidak ada lagi kita diminta penjelasan oleh aparat penegak hukum ataupun Inspektorat karena di aplikasi tersebut sudah tercantum dengan jelas rencana dan pelaksanaan kegiatan,” pungkasnya.

Iklan