,

Polres Sekadau Berikan Pengamanan Misa Perayaan Paskah

By Admin
April 15, 2022, 19:52 WIB Last Updated 2022-04-15T12:52:15Z


SEKADAU, SK - Menjelang perayaan Paskah tahun 2022, Kepolisian Resor Sekadau melakukan pengamanan intensif di sejumlah Gereja, termasuk dalam kegiatan ibadah misa Jum'at Agung.


Kapolres Sekadau AKBP K. Tri Panungko menuturkan, pengamanan dilakukan hingga Polsek jajaran dengan melibatkan 300 personel Kepolisian untuk berjaga pada 37 Gereja yang tersebar di 7 Kecamatan. 


"Pengamanan berlangsung sejak Misa Kamis Putih hingga perayaan Paskah pada tanggal 17 April 2022 guna memberikan rasa aman bagi mayarakat selama beribadah," kata Kapolres Sekadau, Jum'at 15 April 2022.


Dalam pengamanan nanti, Polres Sekadau akan bekerjasama dengan TNI dan mitra kamtibmas lainnya sebagai wujud soliditas dalam menjaga serta memelihara stabilitas keamanan sekarang ini.


Sedangkan teknis dan prosedur pengamanan telah disampaikan sebelumnya oleh Kapolres Sekadau dalam apel kesiapan. Ini dilakukan 

demi kelancaran dan keberhasilan tugas di lapangan. 


Pertama, personel yang terlibat pengamanan hendalnya mengetahui jadwal pelaksanaan Misa dan 30 menit sebelumnya sudah berada di lokasi dibawah pimpinan masing-masing perwira pengendali.


"Sebelum kebaktian Misa, periksa secara random terhadap barang yang dibawa jemaat, tentunya melalui koordinasi dengan pengurus Gereja. Ini merupakan SOP pengamanan dan dilakukan secara etis, sopan dan humanis," jelasnya.


"Dalam pengamanan, buddy system jangan dikesampingkan. Bagaimanapun keselamatan pribadi personel harus diperhatikan dalam pelaksanaan tugas," sambung Kapolres.


Selain itu, Polres Sekadau akan melaksanakan patroli di sekitar lokasi Gereja untuk mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas serta faktor lain yang dapat menghambat kelancaran Misa hingga tanggal 17 April 2022 nanti.

Iklan