Notification

×

Iklan

Iklan

PT. Agro Andalan dan Warga Dusun Sungai Durian Bangun Sarana Air Bersih

Selasa, 24 November 2020 | November 24, 2020 WIB Last Updated 2020-11-24T00:55:08Z
SEKADAU, Sinarkapuas.com - PT Agro Andalan berkolaborasi bersama warga Dusun Sungai Durian, Desa Nanga Menterap, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, Kalbar, untuk menyediakan sarana air bersih. Sejak Februari 2020, warga setempat mulai mengerjakan pembangunan sarana air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. 

PT Agro Andalan menyediakan seperangkat peralatan sumur bor kepada warga Dusun Sungai Durian untuk membuat sumur bor skala rumah tangga. Kolaborasi perusahaan bersama warga ini kini telah membuahkan hasil. Saat ini tercatat, sekitar 100 Kepala Keluarga (KK) di 4 RT Dusun Sungai Durian memiliki fasilitas sumur bor di rumahnya. 

"Alhamdulillah, dengan adanya program kolaborasi pengadaan air bersih antara PT Agro Andalan dengan masyarakat Dusun Sungai Durian, saat ini warga sudah merasakan manfaatnya," kata Hamsah, Kepala Dusun Sungai Durian, Senin, 23 November 2020. 

Ia menuturkan, pengerjaan sarana air bersih tersebut dilakukan setiap hari secara gotong royong, selepas warga melakukan aktivitas rutinnya. Rata-rata setiap hari warga setempat bisa membuat 2 titik sumur bor. 

Selain di Dusun Sungai Durian, PT Agro Andalan juga saat ini sudah memulai program pengerjaan pengadaan air bersih di Dusun Setawar, Desa Setawar. Program pengadaan air bersih ini digagas untuk  mengakomodasi aspirasi warga dan Pemerintah Desa Setawar untuk membantu kebutuhan masyarakat akan konsumsi air bersih.  

Program dilaksanakan dengan tetap mendorong partisipasi warga. Salah seorang warga, Lasam, bahkan dengan sukarela menghibahkan lahannya untuk dibuat embung-embung sebagai sumber air bersih. 

Saat ini sudah dilakukan acara adat rimah tanah, pembelian material untuk instalasi air bersih dan saat ini sedang dilakukan pembuatan embung-embung untuk sumber air bersih warga oleh PT Agro Andalan di atas lahan yang dihibahkan Lasam. 

Kepala Desa Setawar, Agus mengungkapkan, warga sangat mengapresiasi kepedulian dari PT Agro Andalan. 
Menurutnya, program pengadaan air bersih tersebut sangat membantu masyarakat dan tentunya pihak pemerintah Desa Setawar. Di mana, program tersebut berkontribusi terhadap capaian sasaran pembangunan desa. 

"Keberadaan perusahaan dan pabrik kelapa sawit di wilayah desa kami sangat membantu meningkatkan perekonomian warga. Dulu sebelum ada perusahaan, akses jalan menuju desa kami sangat susah. Sekarang setelah ada perusahaan, akses jalan ke desa kami sudah bagus," ungkap Agus. 

Sementara itu, Plantation Head PT Agro Andalan, Jonner Silaen mengatakan, prorgam pengadaan air bersih ini merupakan kegiatan CSR perusahaan yang diselaraskan dengan kebutuhan warga dan pemerintah desa.  

Program air bersih tersebut, kata dia, merupakan salah satu wujud konkret keterlibatan perusahaan untuk mendorong capaian pembangunan. Apalagi kaitannya dengan agenda sustainable development goal dan kontribusi perusahaan terhadap capaian sasaran pembangunan desa yang dapat meningkatkan status Indeks Desa Membangun (IDM).  

"Tentu selain program air bersih ini, banyak hal juga yang sudah kita realisasikan, terutama perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi penghubung akses antar desa binaan," pungkas Jonner. (Heny) 
×
Berita Terbaru Update