Notification

×

Iklan

Iklan

Banjir Landa Desa Belitang Satu Akibat Sungai Kapuas Meluap

Selasa, 14 Juli 2020 | Juli 14, 2020 WIB Last Updated 2020-07-16T21:23:34Z
Sekadau, Sinarkapuas.com - Hujan deras yang mengguyur beberapa hari terakhir membuat wilayah Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau, Kalbar, terendam banjir. Meluapnya Sungai Kapuas membuat wilayah yang berada di pinggiran sungai terendam banjir.  

Untuk memantau kondisi ketinggian air, Forkopimka Belitang mengecek wilayah yang terdampak banjir dengan menggunakan speed boat.  

Camat Belitang, Hermansyah mengatakan, patroli dilakukan untuk memantau secara langsung kondisi wilayah yang terdampak banjir. Ia mengatakan, wilayah yang terdampak, di antaranya Dusun A, B, Desa Belitang Satu dengan ketinggian sekitar 70 sentimeter.  

"Banjir menggenangi Jalan Kapuas Belitang, sudah dua hari terakhir," kata Hermansyah usai mengecek banjir, Selasa (14/7).  

Ia menambahkan, bukan tidak mungkin ketinggian banjir akan naik bila hujan deras masih mengguyur wilayah setempat. Hermansyah mengatakan, banjir yang terjadi tentu akan menghambat aktivitas warga, termasuk transportasi darat. 

"Banjir juga bisa berdampak pada sektor perekonomian, seperti aktivitas petani yang tidak lancar, tidak bisa ke kebun," ucap Hermansyah. 

Sementara itu, Kapolsek Belitang, IPTU Suritno mengatakan, pihaknya akan menurunkan personel bersama instansi terkait untuk mengantisipasi ketinggian air yang meningkat. Pihaknya, kata dia, juga siap membantu evakuasi warga bila kondisinya semakin parah.  

"Kami juga mengimbau warga untuk tetap waspada apabila intensitas air Sungai Kapuas naik. Amankan barang-barang berharga dan barang-barang elektronik yang ada di rumah," imbaunya. (Sk) 
×
Berita Terbaru Update