Notification

×

Iklan

Iklan

Pilkada di Tengah Pandemi COVID-19, KPU Sekadau Ajukan APD

Selasa, 16 Juni 2020 | Juni 16, 2020 WIB Last Updated 2020-06-16T21:12:30Z
SEKADAU - Pemerintah resmi menetapkan pelaksanaan pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. Setelah sebelumnya, pelaksanaan tahapannya sempat ditunda karena pandemi virus corona atau COVID-19. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau, Drianus Saban mengatakan, pihaknya mengusulkan pengadaan untuk Alat Pelindung Diri (APD) melalui APBN. Pengajuan tersebut, kata dia, saat ini sedang proses.  

"Tentu dalam pelaksanaan tahapan yang melibatkan orang APD kita gunakan. Perlakuannya, apakah kita menggunakan standar atau tidak standar sesuai kondisi wilayah," kata Saban usai Rapat Koordinasi di Aula Kantor KPU Sekadau, Selasa (16/6).  

Saban mengungkapkan, APD ini diperuntukan bagi penyelenggara untuk mencegah penyebaran COVID-19. Ia mengatakan, perlakuan di daerah yang masuk zona merah pun standarnya (kesehatan) diperketat.  

"Untuk jumlah penyelenggara pemilu kita total keseluruhan nantinya hingga KPPS ada 6.000 orang. Untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) kita tetapkan 524 TPS, per TPS maksimal 500 pemilih," ungkap Saban.  

Saat ini tahapan pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sekadau sudah dimulai. Saban mengatakan, sebagai pelaksana pemilihan pihaknya sudah siap dari sisi penyelenggaraannya. KPU pun telah membentuk PPK hingga PPS.  

"Setiap tahapan penyelenggaraan tentu kita wajib melaksanakan protokol kesehatan. Termasuk dukungan anggaran dari pemerintah daerah, kemudian dukungan dari APBN untuk pelaksanaannya (pilkada)," ucap Saban.  

Saban menegaskan, penerapan protokol kesehatan sangat diutamakan dalam penyelenggaraan pilkada di tengah pandemi COVID-19. "Artinya keselamatan penyelenggara, pemilih maupun peserta itu menjadi hal yang sangat utama," pungkasnya.(Sk)
×
Berita Terbaru Update