Notification

×

Iklan

Iklan

Pangdam XII/Tpr : Prajurit dan Keluarga Harus Bisa Jadi Influencer Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

Rabu, 17 Juni 2020 | Juni 17, 2020 WIB Last Updated 2020-06-17T12:59:05Z
KUBU RAYA - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin rapat melalui Vidcon tentang pelaksanaan dan evaluasi penegakan disiplin protokol kesehatan dalam rangka masyarakat yang produktif dan aman dari Corona Virus Disease (Covid-19) yang diikuti para Komandan dan Kabalak jajaran Kodam XII/Tpr. Bertempat di ruang rapat Puskodalopsdam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang didampingi Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh mengawali arahannya menyampaikan, saat ini Kodam sedang menyusun buku panduan pelaksanaan penegakan disiplin protokol kesehatan di lingkup satuan. Hal tersebut dilakukan guna kesiapan menghadapi new normal.

Untuk itu Pangdam meminta kepada seluruh Komandan dan Kabalak jajaran Kodam XII/Tpr segera menginventarisir obyek-obyek yang akan dijadikan target sasaran pencapaian pelaksanaan penegakan disiplin protokol kesehatan di lingkungan satuan masing-masing. 

"Agar dibentuk tim untuk mengontrol pelaksanaan penegakan disiplin protokol kesehatan di satuan," perintahnya, Rabu (17/6/20) 

Selanjutnya juga menekankan, semua satuan jajaran agar melengkapi sarana protokol kesehatan untuk dipasang di tempat-tempat yang menjadi tempat berkumpulnya personel. Agar semuanya diatur sedemikian rupa sehingga protokol kesehatan betul-betul diterapkan di satuan. Dengan penerapan disiplin kepada prajurit dan keluarganya ini diharapkan menjadi salah satu metode untuk memutus penyebaran Covid-19. Dengan disiplin itulah maka kita menjadi influencer penegakan disiplin di lingkungan," harapnya.

Sedangkan untuk penegakan disiplin kepada masyarakat. Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memerintahkan kepada para Dansat agar memiliki target sehingga perlu adanya suatu pola yang tepat, dalam pelaksanaannya harus bertindak tegas mendisiplinkan masyarakat namun demikian tetap mengedepankan cara-cara humanis yaitu tetap menghormati, sikap ramah tamah serta perilaku yang baik di dalam menegakan disiplin. 

Selanjutnya untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 para Dansat jajaran Kodam XII/Tpr harus bisa menjadi fasilitator dalam pemenuhan logistik wilayah. Agar stok kebutuhan pangan di wilayah tetap terpenuhi sehingga tidak akan menimbulkan gejolak.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga menegaskan bahwa TNI-Polri harus menjadi garda terdepan dalam penegakan disiplin protokol kesehatan, oleh karena itu, satuan jajaran agar menggerakan berbagai instansi di wilayahnya untuk turut dalam penegakan displin protokol kesehatan di lingkungan kerja masing-masing. Sehingga terjadi gerakan penegakan disiplin di semua sektor.

"Manakala diberlakukan new normal kita sudah siap, karena kita sudah mengawalinya. Bila semua sektor kita gerakan membantu pemerintah, maka wilayah kodam XII/Tpr menjadi daerah yang bisa menekan angka pertumbuhan Covid-19," harapnya.

"Kita harus selalu optimis, bila tindakan yang kita lakukan baik dan terukur maka yakinlah akan tercapai," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr juga menekankan kepada satuan jajaran selain tetap fokus pada percepatan penanganan Covid-19 juga mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Agar para Dandim segera membuat konsep perencanaan untuk operasi penanggulangan Karhutla serta koordinasikan dengan stake holder lainnya," pungkas Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (Tpr)
×
Berita Terbaru Update